Bisnis Dalam "Suara": Strategi Voice Search Marketing yang Harus Kamu Coba

Senin 28-04-2025,09:38 WIB
Reporter : Vritimes.com
Editor : Vritimes.com

- Perkuat local presence.

Pastikan profil Google Bisnis kamu sudah terupdate, lengkap dengan jam buka, alamat, ulasan pelanggan, dan foto-foto aktual.

Contoh di Dunia Nyata

Misalnya kamu memiliki kedai kopi di kawasan Cihampelas, Bandung.

Jika sebelumnya deskripsi profil bisnis di sosial media hanya berisi:

“Kedai kopi dengan pilihan kopi Arabika terbaik dan tempat nyaman untuk nongkrong.”

Untuk optimasi voice search, kamu bisa ubah menjadi:

“Lagi cari kedai kopi cozy dekat Cihampelas? Kami buka dari jam 7 pagi sampai 10 malam, hanya lima menit dari Ciwalk.”

Dengan kalimat semacam ini, kamu tidak hanya akan menargetkan kata kunci lokasi, tapi juga memperjelas nilai dan informasi yang sering dicari lewat pencarian suara.

Bagi pelaku UMKM atau bisnis lokal yang tidak memiliki sumber daya internal untuk mengelola strategi ini, kamu bisa memanfaatkan jasa digital marketing di Sribu.com

Ada banyak freelancer profesional yang siap membantu  mengoptimalkan konten bisnis ke dalam format voice-friendly.

Langkah Awal Optimasi Voice Search Marketing

 

Untuk mulai optimasi konten bisnis berbasis suara, kamu bisa ikuti langkah awal berikut:

1. Audit konten lama. Apakah kalimatnya sudah terasa natural seperti perbincangan saat dibaca?

2. Tambahkan halaman FAQ (pertanyaan umum). Ini bagus buat langsung menjawab pertanyaan pengguna.

3. Pastikan website-mu mobile-friendly dan bisa cepat diakses, karena voice search paling sering dipakai di HP.

4. Optimalkan profil Google Bisnis. Tambahkan foto, jam operasional, dan update info penting secara rutin.

Penutup

Tags :
Kategori :

Terkait