Awal Ramadhan 2024: Kapan Dimulai di Arab Saudi dan Indonesia?

Kamis 07-03-2024,12:00 WIB
Reporter : Muhammad Arief Novrianto
Editor : Adhitya Pangestu Putra, S. Si

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Berdasarkan perhitungan astronomi, Ramadhan 2024 diperkirakan akan dimulai pada 11 Maret di Arab Saudi. Astronom Maroko, Hicham El Aissaoui, memperkirakan umat Islam di sana akan menjalani puasa selama 30 hari.

Di negara ini, umat Islam diharapkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan merokok dari fajar hingga matahari terbenam selama bulan kesembilan dalam kalender Islam ini.

Adapun aktivitas intim juga harus dihindari selama jam puasa, yang jadwalnya berbeda antara satu negara dan zona waktu lainnya.

Selain melaksanakan ibadah puasa, umat Islam di Arab Saudi juga memperbanyak salat tambahan, yang dikenal sebagai Tarawih, setiap malam setelah salat Isya. Ini merupakan sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Tak hanya itu, banyak penduduk lokal dan internasional yang menjadwalkan umrah, ibadah haji kecil yang sering dilakukan sepanjang tahun.

Bulan Ramadhan menjadi pilihan beberapa orang untuk melaksanakan umrah karena suasana istimewa yang dibawanya.

Selain berpuasa dan beribadah, umat Islam juga diwajibkan untuk memperbanyak sedekah yang dikenal dengan zakat.

Dalam hal kuliner, umat Islam Saudi merayakan buka puasa Ramadhan dengan berbagai makanan, salah satunya adalah kurma. Kurma juga biasa dikonsumsi di berbagai negara Muslim dan Arab sebagai menu buka puasa yang disandingkan dengan segelas susu.

Ramadhan memiliki makna penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama periode 29 hingga 30 hari ini, umat Islam melakukan puasa, doa, refleksi, dan mempererat tali persaudaraan.

Awal Ramadhan 2024

Permulaan bulan suci Islam bergantung pada penampakan bulan sabit. Tahun ini, Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada 11 atau 12 Maret dan berakhir pada 9 April. Tahun sebelumnya, Ramadhan dimulai pada 24 Maret dan berakhir pada 21 April.

Menurut Ramadhan 1445, di negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, Lebanon, Oman, Pakistan, Arab Saudi, Inggris, AS, dan Turki, kemungkinan Ramadhan akan dimulai pada 11 Maret.

Sedangkan di India, Bangladesh, Mesir, dan Indonesia, Ramadhan kemungkinan akan dimulai pada 12 Maret.

Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan dilakukan dari matahari terbit hingga matahari terbenam oleh umat Islam dewasa yang tidak sedang sakit parah atau kronis, bepergian, lanjut usia, menyusui, diabetes, atau sedang menstruasi.

Kategori :