Rentcar MaC
Mau iklan?

Daya Serap PAD 96% Tiap Tahun Waktu Jadi Bupati, Muda Mahendrawan Optimis Genjot PAD Jika Jadi Gubernur

Daya Serap PAD 96% Tiap Tahun Waktu Jadi Bupati, Muda Mahendrawan Optimis Genjot PAD Jika Jadi Gubernur

Paslon nomor urut 3 Muda-Jakius saat menjawab pertanyaan di debat Pilkada Kalbar 2024.-Dok. Pontianak Info Disway-Tangkapan Layar

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Dalam debat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Barat yang berlangsung Rabu malam, 23 Oktober 2024, di Pontianak, calon gubernur Muda Mahendrawan menegaskan keyakinannya mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di provinsi tersebut. Menanggapi pertanyaan dari Sutarmidji, Muda menyampaikan pentingnya inovasi program.

"Kita tidak bisa tergantung terus menerus dengan pemerintah pusat, harus ada inovasi-inovasi untuk peningkatan asli daerah. Apa yang akan bapak lakukan untuk percepatan PAD guna pembiayaan program-program agar capaian kesejahteraan lebih cepat?" tanya Sutarmidji.

Menjawab pertanyaaan itu, Muda Mahendrawan mengatakan bahwa sumber PAD Kalbar hampir 90% berasal dari pajak kendaraan bermotor. 

"Ini bergantung pada kegiatan perekonomian bergerak, kualitas ekonomi dan investasi yang baik dapat meningkatkan PAD," tuturnya.

BACA JUGA: Muda Mahendrawan Kuasai Panggung Debat: Terkait Peningkatan IPM, Pemprov Jangan Hanya Mengklaim

Untuk mewujudkannya Muda menegaskan pentingnya menciptakan masyarakat yang produktif, meningkatkan investasi, dan memastikan PAD terus meningkat. Ia optimis dengan kebijakan-kebijakan pro-investasi yang akan dijalankannya, Kalbar mampu memaksimalkan potensi PAD yang selama ini ada.

"Jadi PAD itu optimis akan terus meningkat," tegasnya.

Lebih lanjut, Muda menyebutkan pengalamannya sebagai Bupati Kubu Raya yang berhasil mencatatkan daya serap anggaran hingga di atas 90%. Menurutnya, hal itu bukti nyata bahwa pengelolaan anggaran yang baik akan berdampak positif pada peningkatan PAD.

BACA JUGA: Muda Mahendrawan-Jakius Sinyor Paparkan Komitmen Perjuangan Legalitas UMKM

"Saya selama menjabat Bupati Kubu Raya mampu 96% setiap tahun daya serap dan InsyaAllah saya yakin di Provinsi Kalbar bilamana dengan bantuan keuangan yang justru lebih besar, akan juga terserap," ujar Muda.

Dalam debat yang berlangsung sengit, Muda juga menekankan pentingnya pengelolaan sumber daya yang ada di Kalimantan Barat agar lebih optimal. Menurutnya, peningkatan PAD dapat dicapai dengan memperkuat sektor-sektor strategis yang ada di daerah, seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata, sambil menarik lebih banyak investor untuk berinvestasi di provinsi ini.

Muda Mahendrawan berkomitmen untuk membawa perubahan yang signifikan dalam perekonomian Kalbar, dengan menekankan pembangunan yang berkelanjutan dan merata di seluruh kabupaten dan kota.

Sumber: