Rentcar MaC
Mau iklan?

Pasangan Norsan-Krisantus Komitmen Gratiskan BPJS Kesehatan dan Perkuat Layanan Rumah Sakit

Pasangan Norsan-Krisantus Komitmen Gratiskan BPJS Kesehatan dan Perkuat Layanan Rumah Sakit

Dalam Sesi 2 Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar yang berlangsung pada Rabu (23/10/2024), pasangan nomor urut 2, Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan, memaparkan visi mereka terkait peningkatan akses layanan kesehatan //istimewa pixlb Kalbar sant--Harian Disway

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Kalbar – Dalam Sesi 2 Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar yang berlangsung pada Rabu 23 Oktober 2024, pasangan nomor urut 2, Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan, memaparkan visi mereka terkait peningkatan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Kalimantan Barat.

Fokus utama mereka adalah memberikan akses BPJS Kesehatan secara gratis dan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit umum daerah (RSUD), agar masyarakat tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit di kota besar.

Ria Norsan menegaskan bahwa langkah awal mereka adalah melakukan pendataan menyeluruh untuk mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan layanan BPJS secara gratis.

“Kami akan mendata seluruh masyarakat, baik yang tidak mampu maupun yang mampu, agar semua bisa mendapatkan jaminan sosial tersebut,” ujar Norsan.

BACA JUGA:Masukan Norsan-Krisantus jadikan Kekuatan untuk Muda-Jakius

Ia juga menambahkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk memberikan bantuan dari provinsi. 

“Stimulan dari provinsi akan diberikan agar masyarakat tidak perlu lagi membayar iuran BPJS. Artinya, seluruh warga Kalbar bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis di rumah sakit,” jelasnya.

Kebijakan ini, menurut Norsan, bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada masyarakat yang tertinggal dalam mendapatkan layanan kesehatan. 

“Kami akan buat regulasi yang memastikan siapapun yang datang berobat ke rumah sakit harus dilayani dulu, urusan administrasi bisa disusul kemudian. Jika ada yang bertanya siapa yang akan menjamin, yang menjamin adalah gubernur dan wakil gubernur terpilih, yaitu kami, Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan,” tegasnya.

BACA JUGA:Garap Program Unggulan, Norsan Optimis Menang Besar di Sungai Kakap

Di sisi lain, Krisantus Kurniawan menyoroti pentingnya peningkatan kualitas RSUD di kabupaten agar masyarakat tidak perlu lagi dirujuk ke RS Soedarso di Pontianak. 

“Kami akan memperkuat RSUD di kabupaten, sehingga masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke RS Soedarso dan antri berhari-hari,” kata Krisantus.

Dengan memperkuat RSUD di kabupaten, Krisantus berharap masyarakat di daerah terpencil bisa mendapatkan pelayanan yang memadai. 

“Jika kualitas RSUD di kabupaten sudah memadai, maka masyarakat di perhuluan tidak perlu lagi dirujuk ke RS di Pontianak,” tambahnya.

Sumber: Harian Disway