Rentcar MaC
Mau iklan?

Dishub Kota Singkawang Ungkap Alasan Terapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas di Kawasan Pasar Hongkong

Dishub Kota Singkawang Ungkap Alasan Terapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas di Kawasan Pasar Hongkong

Pj Walikota Singkawang saat melakukan pengawasan bersama pihak Dishub dan keamanan Kota Singkawang-sumastro_skw-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Dinas Perhubungan Kota Singkawang melakukan perubahan arah lalu lintas pada Jalan Salam Diman, Jalan Hasan Sa’ad, dan Jalan Bawal menjadi sistem satu arah atau yang dikenal dengan istilah one away.

Eko Susanto selaku Kepala Dishub Singkawang, menjelaskan bahwa perubahan arah lalu lintas ini dilakukan berdasarkan evaluasi kinerja jalan, yang di mana pada jalan tersebut sering terjadi kecelakaan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, rute ini sering mengalami kecelakaan, sehingga kami melakukan kajian analisis lalu lintas,” kata Eko.

Dia sendiri juga menjelaskan bahwa pemberlakuan arus lalu lintas ini akan dilakukan dengan tahap sosialisasi terlebih dahulu selama satu bulan. Pihaknya juga menerjunkan personel untuk menjaga dan mengedukasi pengendara agar tertib.

BACA JUGA:Pengendalian Inflasi Daerah dan HUT Pemkot Singkawang, Pj Walikota Gelar Pelaksanaan Operasi Pasar

“Penerapan arus lalu lintas di kawasan ini juga akan berlangsung permanen karena sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Walikota. Saat ini, kami masih dalam proses sosialisasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Disisi lain Sumastro selaku Pj Wali Kota Singkawang menyampaikan bahwa kebijakan ini diterapkan melalui proses observasi dan pengamatan bersama Tim Terpadu yang dinamakan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan di Kota Singkawang.

“Ini adalah bagian dari rangkaian evaluasi dan pengamatan di lapangan yang dilakukan secara berkelanjutan dalam waktu yang cukup panjang,” katanya.

BACA JUGA:Tahapan Kampanye Pilwako, Bawaslu Singkawang : Belum Ada Temuan Pelanggaran

Berdasarkan observasi dan pengamatan yang telah dilakukan, keputusan untuk mengubah arah arus lalu lintas di Kawasan Kota Pusaka menjadi one way adalah langkah yang tepat.

“Sehingga sore ini kami memutuskan untuk menerapkan sistem satu arah pada jalur tersebut,” tutupnya.

Sumber: