Rentcar MaC
Mau iklan?

Pemkab Mempawah Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Danrem Serukan Pentingnya Persatuan

Pemkab Mempawah Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Danrem Serukan Pentingnya Persatuan

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diikuti ratusan peserta, di Halaman Kantor Bupati Mempawah, pada Selasa 1 Oktober 2024.-Diskominfo Mpw/Istimewa -Pontianak Disway

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Halaman Kantor Bupati Mempawah, pada Selasa 1 Oktober 2024 pagi. upacara tersebut diikuti ratusan peserta yang terdiri dari kalangan ASN, TNI/Polri, dan OKP di Kabupaten Mempawah.

Upacara dipimpin langsung oleh Danrem 121/ABW Brigjen TNI Luqman Arief, Sip. Turut hadir Pj Bupati Mempawah Ismail, Forkompimda, Kepala OPD, Staf Ahli, Kepala OPD, ASN, BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Camat, dan Organisasi Wanita.

Luqman, Danrem, mengungkapkan bahwa salah satu penyebab penjajahan Indonesia selama 3,5 abad oleh Belanda dan 3,5 tahun oleh Jepang adalah kurangnya persatuan dan kesatuan. 

BACA JUGA: Presiden RI Joko Widodo Resmikan Injeksi Bauksit di Mempawah

"Kita dijajah karena dipecahbelah. Taktik Belanda adalah pecah belah, sehingga kita dengan mudah dijajah oleh bangsa asing," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Danrem mengingatkan semua pihak, terutama generasi muda, untuk belajar dari sejarah kelam tersebut agar tidak terulang. “Hal ini bisa terjadi jika kita tidak menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai sejarah terulang lagi,” imbuhnya.

Ia juga menekankan pentingnya melanjutkan perjuangan bangsa dengan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan, agar Indonesia menjadi bangsa yang besar dan disegani. 

"Tugas kita adalah menjaga persatuan dan kesatuan, serta memberikan kontribusi terbaik sesuai bidang masing-masing," tutupnya.

Sumber: harian disway kalbar