Rentcar MaC
Mau iklan?

Terkandung Banyak Makna, Ini Dia Beberapa Julukan Kota Pontianak!

Terkandung Banyak Makna, Ini Dia Beberapa Julukan Kota Pontianak!

Pontianak sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Barat memiliki julukan yang sangat menampilkan keindahan dan ikon kota tersebut.--Daeng pajoka

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Beberapa daerah di Indonesia memiliki keunikan dan keragaman yang bermacam-macam, tak hanya itu dibeberapa daerah juga memiliki nama sebutan atau julukan tersendiri, termasuk juga Kota Pontianak. Julukan tersebut diberi sebagai panggilan yang mengandung unsur keistimewaan dari kota tersebut.

 

Pontianak sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Barat memiliki julukan yang sangat menampilkan keindahan dan ikon kota tersebut. 

 

Kamu Penasaran apa saja julukan yang dituju untuk Kota Pontianak? 

 

1. Kota Seribu Parit

 

Salah satu julukan yang sangat populer dan sering didengar yaitu Kota Seribu Parit. Julukan tersebut disematkan karena saat seseorang berkunjung ke Pontianak, orang akan disuguhkan dengan penampakan parit-parit yang ada di berbagai sudut kota. Tidak hanya itu, masih banyak gang-gang atau jalanan sempit yang dapat kamu temukan parit, dan juga pada ruas jalan raya.

 

BACA JUGA:Berapa Jam Perjalanan Dari Pontianak Menuju Entikong?

 

2. Kota Khatulistiwa

 

Kota Pontianak juga dikenal dengan julukan Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh garis khatulistiwa. Garis lintas 0 derajat itu melintas tepat di atas kota Pontianak, sehingga kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa. 

 

Ada hal unik yang terjadi saat kulminasi berlangsung, dimana matahari yang ada pada kawasan yang dilewati oleh garis khatulistiwa berada tepat di atas kepala sehingga benda-benda apa pun tidak mempunyai bayangan.

 

3. Kota Seribu Warung Kopi

 

Mungkin para pendatang tidak akan merasa kebingungan dalam mencari tempat nongki. Sebab setiap sudut kota yang ada terdapat banyak pilihan warung kopi, mulai dari yang konsep tradisional hingga modern dengan konsep coffee shop kekinian.

 

Banyaknya warung- warung kopi itulah yang membuat Pontianak dijuluki sebagai Kota Seribu Warung Kopi. Menariknya, Pontianak juga memiliki coffee street yang terletak di Jalan Gajah Mada. Jalan tersebut telah diresmikan dan dijadikan sebagai kawasan wisata warung kopi oleh Pemerintah Pontianak.

 

BACA JUGA:Profil Edi Rusdi Kamtono, Mantan Wali Kota Pontianak 2013-2018

 

4. Pontianak Kota Bersinar

 

Julukan yang diambil dari slogan Pemerintah Kota Pontianak, yakni "Pontianak Kota Bersinar". Bersinar tak serta merta diartikan sebagai cahaya yang menyinari kota tersebut, melainkan sebuah singkatan yang menggambarkan Pontianak dan citanya. Adapun kepanjangan dari Bersinar adalah Bersih, Sehat, Indah, Aman, dan Ramah.

 

Sumber: kumparan.com