Rentcar MaC
Mau iklan?

Kudapan Khas Pontianak yang Wajib Diburu Oleh Para Pelancong

Kudapan Khas Pontianak yang Wajib Diburu Oleh Para Pelancong

Resep kue bingke khas pontianak yang banyak di buru wisatawan --Pesenmakan.id

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Melancong ke daerah Pontianak nampaknya tak lengkap rasanya bila belum menyantap kue Bingke Khatulistiwa yang merupakan kuliner khas dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kue ini menjadi salah satu yang laris manis dan banyak diburu para pendatang untuk oleh-oleh sanak keluarga.

 

Salah satu toko kue bingke khatulistiwa, yang sudah terkenal sejak lama dan terletak di Jl Adisucipto, Nomor. 155  Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat serta menjadi sentra produksi kue bingka.

 

Rumah produksi kue bingke khatulistiwa ini mulai dibuka pada tahun 1995, dan di tahun 1997 mulai ramai dikunjungi pembeli. Dari tiga belas jenis kue bingke yang dijual, jenis bingke berendam rasa original paling banyak di cari oleh pembeli. Harga kue bingke khatulistiwa juga tidak terlalu mahal. Dimulai dari Harga, Rp 16 ribu, 20, 22, dan 25 ribu rupiah.

 

BACA JUGA:Berapa Jam Perjalanan Dari Pontianak Menuju Entikong?

 

Untuk membuat kue tersebut, dibutuhkan bahan-bahan seperti:

 

1. Telor
2. tepung.
3. gula
4. santan.
5. Buah durian
6. Coklat
7. Buah pisang
8. Ubi rambat.
9. Kacang hijau
10. Keju

 

Proses pembuatan

 

Bahan dasar, telor, tepung, gula dan santan dikocok secara manual. setelah pengocokan selesai kemudian adonan dibakar sekitar 20 menit, setelah 20 menit dibakar kue bingke sudah siap di santap dan dijual kepada konsumen.

 

Adapun produksi kue bingke khatulistiwa dalam satu hari bisa mencetak hingga ratusan kue dari tiga belas rasa yang berbeda. Dan mampu mempekerjakan 15 karyawan, yang bertugas memproduksi kue dan menjaga toko. 

Sumber: