Rentcar MaC
Mau iklan?

Perpaduan Harmonis Sastra Inggris dan Komunikasi Digital dalam Program Creative Digital English

Perpaduan Harmonis Sastra Inggris dan Komunikasi Digital dalam Program Creative Digital English

--

Bahasa Inggris merupakan lingua franca atau bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Buktinya, menurut World University News, 85% organisasi global beroperasi dengan bahasa Inggris.

Selain itu, 70% perusahaan yang beroperasi di negara non-berbahasa Inggris tetap mensyaratkan tenaga kerjanya menguasai bahasa tersebut. Oleh sebab itu, bahasa Inggris adalah salah satu kunci untuk mewujudkan kesetaraan sosial dan pemerataan peluang kerja.

Dalam rangka menjawab kebutuhan tersebut di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital untuk komunikasi, BINUS University merilis program studi baru bernama Creative digital English. Program ini bertujuan mengembangkan sejumlah keterampilan teknis dan non-teknis yang diperlukan untuk berkontribusi bagi industri saat ini.

Keunggulan Utama Program Creative Digital English

Program ini menggabungkan studi bahasa Inggris, sastra, linguistik, budaya, dan penulisan kreatif. Selama berkuliah, mahasiswa akan menemukan penekanan kuat pada komunikasi digital, media, dan teknologi.

Hal ini selaras dengan tujuan utama program Creative Digital English, yaitu mengembangkan pemikiran kritis, keterampilan komunikasi, dan ekspresi kreatif. Semua keterampilan ini akan membantu generasi muda menghadapi dan berkontribusi pada dunia digital dan artistik yang terus berkembang.

Dalam program ini, mahasiswa akan mengeksplorasi bagaimana platform dan alat digital mempengaruhi penggunaan, komunikasi, dan interpretasi bahasa Inggris di masyarakat kontemporer. Kurikulumnya pun memadukan sastra dengan berbagai bentuk seni lain seperti seni visual, teater, dan film.

Mata kuliah yang ditawarkan meliputi analisis sastra, workshop penulisan kreatif, eksplorasi budaya populer dan tradisional, serta studi linguistik. Peserta studi akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan memahami bagaimana teknologi modern mempengaruhi cara masyarakat berkomunikasi dan berekspresi.

Prospek Karier Lulusan Creative Digital English

Prospek karir bagi lulusan program Creative Digital English dengan gelar S.S sangatlah beragam. Sebagai copywriter atau content writer, mahasiswa bisa menghasilkan konten tertulis untuk berbagai platform. Untuk mereka yang suka bercerita, karir sebagai multimedia storyteller memberi mereka kesempatan menciptakan narasi yang menarik dengan teks, audio, video, dan grafik untuk menghibur audiens di berbagai platform digital.

Dalam bidang hubungan masyarakat, alumni bisa mengelola dan meningkatkan citra publik individu atau organisasi dengan membuat siaran pers, mengorganisir acara, dan menangani pertanyaan media. Bagi yang memiliki minat dalam pendidikan, menjadi guru dan pengembang kurikulum di sekolah nasional dan internasional adalah pilihan yang tepat.

Sebagai digital marketer, lulusan bisa mengembangkan dan melaksanakan kampanye pemasaran online untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek melalui media sosial, email, dan mesin pencari. Kemudian, jika alumni tertarik dengan bahasa, mereka bisa berkarier sebagai konsultan penerjemah dan pengembangan. Di sini, mereka perlu mengubah konten tertulis atau lisan dari satu bahasa ke bahasa lain dengan tetap menjaga makna, nada, dan konteks.

Bagi yang bercita-cita menjadi penulis, karier sebagai penulis naskah cerita untuk drama TV, teater, atau audio memberikan peluang untuk menciptakan naskah yang menghidupkan karakter dan cerita. Sebagai penulis UX, lulusan akan membuat teks antarmuka pengguna yang jelas dan ringkas untuk membantu pengguna memahami dan menggunakan produk digital dengan lebih baik.

Terakhir, bagi alumni yang memiliki jiwa wirausaha, mereka juga bisa menempuh karier sebagai edupreneur dengan mendirikan dan menjalankan usaha pendidikan bahasa. Sebab, pengetahuan dan keterampilan dari program ini akan sangat sesuai dengan bidang usaha tersebut.

Sumber: vritimes.com