Rentcar MaC
Mau iklan?

Altseason Index: Penentu Kedatangan Alt Season, Bagaimana Cara Kerjanya

Altseason Index: Penentu Kedatangan Alt Season, Bagaimana Cara Kerjanya

Ilustrasi Altseason Index atau Altcoin Season. Palapa (Sumber: VRITIMES.com)--

Altseason Index atau Altcoin Season Index adalah alat penting untuk menentukan kedatangan musim Altcoin.

Sebelum membahas tentang Altseason Index, kita perlu memahami apa itu Altcoin Season.

Jadi, Altcoin Season adalah musim di mana seluruh koin, kecuali Bitcoin, mengalami kenaikan harga. Hal ini sesuai namanya, yaitu altcoin atau alternatif coin di mana koin-koin tersebut menjadi alternatif.

Koin seperti Solana, Ethereum, Cardano, dan berbagai koin lain dinilai memiliki potensi yang bagus di masa depan. Namun, dikarenakan Bitcoin adalah koin dominan bahkan menguasai lebih dari 50% market kripto, maka terciptalah istilah Altcoin sebagai pembeda dengan Bitcoin.

Nah, Altseason Index adalah indikator penting untuk mengetahui kapan kedatangan Altcoin Season.

Altseason Index ini menentukan bagaimana kondisi market kripto dan menilai apakah altcoin memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding Bitcoin. Ketika Altseason Index ini menunjukkan nilai yang tinggi, artinya Altcoin Season sedang terjadi.

Cara kerja Altseason Index adalah dengan menganalisis kondisi market kripto dalam periode waktu tertentu, biasanya 90 hari. Selama periode waktu tersebut dilakukan analisis kondisi market untuk altcoin dan Bitcoin.

Tidak semua altcoin dilakukan analisis, melainan hanya 50 altcoin teratas dengan market baik saja yang dianalisis. Nantinya, analisis akan dibandingkan dengan nilai Bitcoin dalam periode waktu yang sama.

Hasil analisis ini membuktikan kehadiran Altcoin Season jika lebih dari 75% Altcoin memiliki nilai lebih unggul dibanding Bitcoin. Namun, jika nilai tidak mencapai itu, maka Altcoin Season belum datang.

3 Fungsi Altseason Index untuk Trading Kripto

Selain fungsi utama untuk mengukur kehadiran Altcoin Season, Altseason Index juga memiliki fungsi lainnya untuk ekosistem kripto, utamanya untuk trading.

Ketiga fungsi lain dari indikator ini adalah untuk melakukan identifikasi fase pasar, pengaturan stop-loss dan take-profit, hingga penentuan portofolio dengan melihat tren pasar.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

1. Indentifikasi Fase Market Kripto

Altseason Index bisa digunakan untuk melakukan identifikasi fase pasar. Maksudnya adalah indikator ini berguna untuk menentukan strategi trading.

Sebab, dengan mengetahui kedatangan Altcoin Season, Anda tahu bisa membidik koin mana untuk dilakukan deposito.

2. Mengatur Stop-Loss dan Take-Profit

Sumber: vritimes.com