Rentcar MaC
Mau iklan?

Ciri Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit, Ini Bedanya

Ciri Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit, Ini Bedanya

Ilustrasi Ciri Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit, PT Yoona Digital Indonesia (Sumber: VRITIMES.com)--

Ciri ciri perut hamil dan perut buncit bagi sebagian orang bisa terlihat sama. Hal ini bisa karena perubahan fisik pada tubuh, terutama kenaikan berat badan. Perut yang tampak besar saat tengah mengandung apalagi pada trimester pertama akan terlihat seperti buncit. 

Agar tak salah membedakan, perlu mengenali perut besar akibat kehamilan dan perut buncit akibat gaya hidup atau kondisi bawaan. Yuk, kenali perbedaan ciri ciri perut hamil dan perut buncit selengkapnya!

Ciri ciri perut hamil

Usia kehamilan yang bertambah akan membuat perut tampak lebih besar. Ini karena janin yang semakin berkembang di dalam kantong kehamilan atau rahim. Beberapa orang mungkin tidak mengalami perubahan fisik di perut saat hamil, namun perut sebagian lainnya bisa saja tampak membesar saat tengah mengandung.

Jika Anda merasa kesulitan mencubit kulit di area perut, ini bisa menjadi ciri ciri perut hamil. Perut ibu yang tengah mengandung biasanya tidak bergelambir dan sulit untuk dicubit. Selain perubahan fisik pada perut, berikut gejala pada awal kehamilan yang umumnya dialami:

1. Merasa mual dan/atau muntah-muntah

2. Mengalami sembelit

3. Sering buang air kecil

4. Mudah lelah

5. Muncul bercak atau flek dari vagina

6. Mengalami pusing dan sakit kepala

7. Punggung atau pinggang terasa nyeri

8. Perubahan warna pada areola payudara

Ciri ciri perut buncit

Tahukah Anda kalau penyebab perut buncit tak hanya karena pola hidup? Perut buncit juga bisa Anda alami karena kondisi kesehatan tertentu, seperti gangguan pencernaan, ginjal, maupun liver, sindrom iritasi usus besar, hormon yang berfluktuasi, menopause, tumor, kanker, hingga stres. 

Tumpukan lemak hanya pada area perut adalah ciri ciri perut buncit yang paling umum. Wanita membutuhkan 2.000 kalori sehari berdasarkan usia, aktivitas fisik, serta proporsi tubuh. Saat asupan jumlah kalori berlebih yang tidak diimbangi dengan aktivitas cukup, tubuh menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak.

Sumber: vritimes.com