Rentcar MaC
Mau iklan?

Sambut HUT RI Ke-79, Pemprov Kalbar Gelar Karnaval Budaya

Sambut HUT RI Ke-79, Pemprov Kalbar Gelar Karnaval Budaya

Pj Gubernur Kalbar Harisson beserta Windy Prihastari dan Kepala Disdikbud, Rita mengikuti karnaval dari halaman Kantor Gubernur Kalbar hingga ke Museum Kalbar, Minggu 11 Agustus 2024.-Disway Kalbar/Mala-Disway Kalbar

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat menggelar karnaval budaya bertajuk "Gemilang Budaya Khatulistiwa 2024" di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Minggu 11 Agustus 2024 pagi.

Adapun karnaval ini diselenggarakan karena menjadi salah satu rangkaian kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan ke-79 RI.

Tak hanya itu saja, karnaval budaya ini turut serta dihadiri berbagai macam kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Warga yang memadati halaman kantor juga menggunakan pakaian adat, kostum kreasi dan cosplay pakaian kemerdekaan.

Karnaval tersebut juga dihadiri dan dibuka oleh PjJ Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, yang menggunakan baju khas Melayu, teluk belanga. Ia mengungkapkan jika Kalbar mempunyai berbagai macam kebudayaan serta adat istiadat yang sudah seharusnya semakin dikenal luas.

"Kita memiliki upaya untuk menampilkan keanekaragaman adat budaya Indonesia yang nantinya akan menjadi modal untuk pembangunan Indonesia. Khususnya Kalbar menuju Indonesia emas 2025," ungkapnya.

BACA JUGA:Muda Mahendrawan Bantah Soal Penetapan Tersangka Kasus Korupsi yang Menyeret Namanya

Ia juga berharap warga kalbar dapat selalu menjunjung tinggi nilai toleransi antar sesama agar tali perdamaian selalu terjaga untuk membangun Kalbar yang lebih baik.

Sementara itu, Rita selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat mengungkapkan jika terdapat 2.200 peserta yang ikut berpartisipasi dalam karnaval ini yang terdiri dari beberapa komunitas, satuan pendidikan, dan masyarakat umum.

"Banyak warisan budaya yang kita miliki, sehingga salah satu rangkaian HUT RI ini, kita upayakan untuk mengembangkan dan melestarikan budaya, serta memperkenalkan kepada masyarakat," ungkapnya.

 

Selain itu masih ada serangkaian acara, tak hanya budaya kostum kreasi.

Ada juga diantaranya pada tanggal 9 Agustus hingga 13 Agustus 2024 seperti pameran photography, lomba saprahan, pentas seni budaya, workshop jurnalistik dasar, gebyar kreativitas siswa, borneo musik etnik, dan sebagainya.

Sumber: disway kalbar