Rentcar MaC
Mau iklan?

Segera Dibuka! Pendaftaran CPNS 2024, Menyediakan 2,3 Juta Formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)

Segera Dibuka! Pendaftaran CPNS 2024, Menyediakan 2,3 Juta Formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pemerintah Indonesia segera membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024, sebagai langkah nyata dalam upaya penyediaan calon aparatur sipil negara (CASN).

BACA JUGA:Presiden Jokowi Groundbreaking Memorial Park IKN, Menghormati Para Pahlawan dan Pendiri Bangsa

Kebijakan ini menghadirkan peluang bagi para pencari kerja yang bercita-cita menjadi bagian dari sektor publik, dengan total 2,3 juta formasi CASN yang tersedia.

Pelaksanaan seleksi CASN dan pendaftaran CPNS Tahun 2024 dijadwalkan dimulai pada bulan Maret mendatang. Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, mengungkapkan bahwa untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN akan menyelenggarakan Seleksi CASN 2024 dalam tiga periode.

Pada periode pertama, pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan seleksi kedinasan dijadwalkan akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024.

Periode kedua, yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024, mencakup pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sementara itu, periode ketiga pada bulan Agustus 2024 akan melibatkan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Gencar Ajak Investasi Pariwisata Indonesia di Dubai

Haryomo menyampaikan bahwa berdasarkan evaluasi pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023, pihaknya akan melakukan perbaikan pada Seleksi CASN Tahun 2024.

Temuan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN 2023 mencakup ketidakakuratan verifikasi pada fase seleksi administrasi, praktik perjokian selama pelaksanaan seleksi, dan konversi nilai CAT pada fase hasil seleksi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menegaskan komitmen pihaknya untuk melakukan penyempurnaan dalam proses rekrutmen CASN 2024.

Evaluasi terus dilakukan dengan mempertimbangkan masukan dari publik, akademisi, serta instansi pemerintah pusat hingga daerah.

BACA JUGA:Jagasuaramu, Resmi Meluncurkan Aplikasi dan Website untuk Pemilu Bersih

Anas menyoroti kebutuhan untuk meningkatkan usulan formasi yang diajukan oleh instansi pemerintah daerah, mengakui bahwa banyak tenaga non-ASN mengajukan komplain terkait kekurangan formasi pada seleksi CASN tahun 2023.

Sumber: