Rentcar MaC
Mau iklan?

Pemkab Melawi Gelar Pencanangan PIN Polio 2024, Ahmad Darmawan: Lindungi Anak dari Penyakit

Pemkab Melawi Gelar Pencanangan PIN Polio 2024, Ahmad Darmawan: Lindungi Anak dari Penyakit

Plt Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Melawi, Puspawati Saat Memberikan Simbolis Vaksin Polio pada 3 Anak di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Selesai (23/7/2024)--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWI - Pemerintah Kabupaten Melawi menggelar pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi dalam rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 40 tahun.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (23/7/2024) ini dihadiri 764 anak-anak Kecamatan Nanga Pinoh. Pencanangan PIN ini ditandai dengan pemberian vaksin polio secara simbolis kepada 3 anak yang hadir.

Bupati Melawi diwakili Sekretaris Daerah, Paulus mengatakan target cakupan PIN ini sekurang-kurangnya 95% untuk masing-masing putaran, yang menyasar semua anak usia 0-7 tahun atau 8 tahun kurang 1 hari sebanyak 32.129 anak.

"Pemberian vaksin polio ini akan berlangsung dua putaran. Putaran pertama dimulai 23-29 Juli 2024 ditambah lima hari sweeping. Sedangkan putaran ke dua dimulai tanggal 4-10 Agustus 2024 yang juga ditambah sweeping 5 hari," terangnya.

BACA JUGA:Upaya Turunkan Angka Stunting, Dinkes Melawi Gelar Pertemuan Evaluasi Intervensi Spesifik Stunting

Dia mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung dan mengoptimalkan capaian pelaksanaan PlN Polio di Kabupaten Melawi, sehingga mencapai target yang telah di tetapkan.

Sementara itu, Bunda PAUD Melawi, Raisya Sarbina, menyampaikan bahwa PIN merupakan momen yang sangat penting terutama dalam upaya menurunkan angka stunting.

Raisya menjelaskan, stunting bukan hanya masalah pertumbuhan fisik, tetapi juga dapat mempengaruhi perkembangan kognitif dan kesehatan anak secara keseluruhan.

“Oleh karena itu, imunisasi adalah langkah awal yang sangat vital untuk memastikan anak-anak kita mendapatkan perlindungan dari berbagai penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan mereka,” ujarnya.

Sebagai Bunda PAUD, Raisya menekankan pentingnya imunisasi bagi anak-anak usia dini. Dikatakan, dengan imunisasi yang lengkap dan tepat waktu, dapat memastikan anak-anak tumbuh sehat dan kuat, siap menerima pendidikan dan meraih masa depan yang lebih baik.

Ia pun mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung sepenuhnya program imunisasi ini.

“Semoga kerja keras kita semua dapat memberikan hasil yang maksimal dan membawa perubahan positif bagi kesehatan anak-anak kita dan mencapai tujuan kesehatan yang diinginkan,” pungkas Raisya.

Dihubungi terpisah, PLT Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Darmawan mengungkapkan, tempat pelaksanaan PIN Polio ini berlangsung di pos-pos PIN yaitu Puskesmas, Posyandu, sekolah, rumah sakit, dan pos-pos lainnya, dengan target cakupan lebih dari, atau sama dengan 95% dari sasaran.

Dia menuturkan, program PIN ini bertujuan untuk melindungi anak-anak dari berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, seperti polio, campak, dan difteri hingga penyakit-penyakit lainnya yang dominan menyerang tubuh anak-anak.

Sumber: melawinews.com