Rentcar MaC
Mau iklan?

Mengapa Rokok Banyak Menjadi Pilihan Orang Menengah Ke bawah?

Mengapa Rokok Banyak Menjadi Pilihan Orang Menengah Ke bawah?

Ilustrasi batang rokok--iNews.id

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Tak sedikit orang di Indonesia yang menggunakan rokok sebagai cara menghilangkan stres. Pasalnya, kandungan nikotin dalam rokok menciptakan rasa relaksasi secara langsung, sehingga perokok berkeyakinan kalau hal ini dapat mengurangi stres. Namun, kenyataannya hal tersebut hanya berefek sementara dan seseorang akan terus-terusan terjebak di lingkaran tersebut. Fakta dilapangan membuktikan jika merokok dapat meningkatkan kecemasan dan ketegangan.

 

Meskipun rokok digadang-gadang dapat membantu mengurangi stres dalam jangka pendek, namun hal ini sangat tidak dianjurkan untuk mengatasi stres. Rokok memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker paru-paru, dan PPOK. Selain itu, rokok juga bersifat adiktif, sehingga dapat menyebabkan kecanduan dan ketergantungan.

 

Menurut riset, jumlah perokok lebih tinggi berasal dari masyarakat menengah ke bawah dan pekerja dibanding masyarakat menengah ke atas. Pada dasarnya mungkin untuk setiap orang menggunakan uang yang mereka miliki untuk membeli hal yang dapat memuaskan keinginan mereka yang tentu sifatnya bukan primer. Namun, Rokok adalah salah satu barang untuk mereka kalangan menengah ke bawah dan pekerja yang bisa didapat dengn mudah dan tidak membutuhkan biaya yang memberatkan, berbagai merk dan jenis rokok yang beredar bebas di pasaran dan sangat mudah dijangkau. 

 

Mereka berpendapat jika rokok dapat memberikan "ketenangan" saat masalah hidup mereka semakin rumit seperti ekonomi yang sulit atau menikmatinya hanya untuk bersantai selepas makan makan. Ada beberapa masyarakat yang berpendapat jika rokok bisa mengurangi rasa lapar karena zat nikotin yang terkandung didalamnya, dari beberapa penelitian menunjukkan jika perokok cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan bukan perokok. Hal ini menunjukkan bahwa merokok dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

Sumber: pontianakinfo.disway.id