Rentcar MaC
Mau iklan?

Rawan Karhutla, BMKG Deteksi Ada 165 Hotspot Kategori Panas di Kalbar

Rawan Karhutla, BMKG Deteksi Ada 165 Hotspot Kategori Panas di Kalbar

Peta sebaran titik panas di Provinsi Kalimantan Barat, Minggu (21/7/2024) pukul 00.00 WIB. (Foto: Instagram BMKG Supadio)--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) menyebut sudah terpantau 165 titik panas (hotspot) yang masuk dalam kategori sedang di sejumlah wilayah di Kalbar.

Berdasarkan sensor Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) dan Moderete-resolution Imaging Spectro-radiometer (MODIS) sebaran 165 titik panas kategori sedang ini terpantau di 11 kabupaten/kota di Kalbar.

Dikutip dari laman instagram BMKG Supadio, sebaran titik panas terbanyak terpantau di Kabupaten Sanggau 64 Hostpot, Bengkayang 31 hotspot, Landak 14 hotspot, Ketapang 13 hotspot, Kapuas Hulu 9 hotspot, Melawi 8 hotspot, Kubu Raya dan Sekadau masing-masing 7 hotspot, Sintang 5 hotspot, Sambas 4 hotspot dan Mempawah 3 hotspot. 

Sementara untuk kondisi cuaca di wilayah Kalbar selama 24 jam terakhir mulai tanggal 20 sampai 21 Juni 2024 pukul 07.00 WIB, menunjukan domain berawan dan diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang di sejumlah wilayah Kalbar, seperti di Kabupaten Sanggau, Sekadau, Landak, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu. 

Untuk perkiraan angin di Kalbar pada ketinggian 3.000 feet menunjukan angin secara umum bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan mencapai 25 knot.

 

 

Sumber: bmkg kalbar