Rentcar MaC
Mau iklan?

BRGM dan DLHK Kalbar Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Restorasi Gambut Kabupaten Mempawah

BRGM dan DLHK Kalbar Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Restorasi Gambut Kabupaten Mempawah

Kegiatan ini dibuka langsung dan arahan dari PJ Bupati Mempawah Ismail, juga hadir Kapolsek, Danramil, lima kepala kecamatan, serta sepuluh kepala desa di Aula Kantor Bappeda Mempawah. Senin, (15/7/2024). --Disway Kalbar/Foto Istimewa

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Aula Kantor Bappeda Mempawah menjadi tempat dilaksanakannya Kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Restorasi Gambut Kabupaten Mempawah. Senin, (15/7/2024). 

Acara ini dihadiri oleh PJ Bupati Mempawah, Kapolsek, Danramil, lima kepala kecamatan, serta sepuluh kepala desa dari lokasi kegiatan BRGM di Kabupaten Mempawah.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh perwakilan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Kalimantan Barat sebagai Satker Tugas Pembantuan Restorasi Gambut Kalbar. Narasumber yang hadir meliputi Dra. Kressensiana, M.Si, Agatha Suryani, S.Hut., MT, dan Hermawansyah, tenaga Subprofesional BRGM RI.

BACA JUGA:Kesiapan Terbaik! Pengukuhan Relawan Pemadam Kebakaran REDKAR di Kecamatan Sadaniang

Hermawansyah menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan tahun ini mencakup empat kabupaten di Kalbar. Ia menekankan pentingnya koordinasi untuk membangun sinergi dan kolaborasi dalam upaya pemulihan ekosistem gambut, yang merupakan agenda strategis pemerintah Indonesia dalam mitigasi perubahan iklim.

Kegiatan ini juga sejalan dengan komitmen Indonesia dalam mencapai Indonesia's FOLU Net Sink 2030. Hermawansyah menjelaskan bahwa peningkatan ambisi pengurangan emisi gas rumah kaca ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2021 dan ditargetkan melalui Enhanced NDC yang disampaikan ke UNFCCC.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan upaya restorasi gambut dapat lebih efektif, sehingga dapat mendukung keberlanjutan lingkungan dan pengendalian emisi gas rumah kaca.

 

Sumber: disway kalbar