Rentcar MaC
Mau iklan?

Ribuan Guru di Melawi Hadiri Temu Pendidik Nusantara XI Tahun 2024

Ribuan Guru di Melawi Hadiri Temu Pendidik Nusantara XI Tahun 2024

Sekda Melawi, Paulus saat Mewakili Bupati Melawi Hadir di Acara Seminar Pendidikan Merdeka Belajar di Pendopo Bupati Melawi pada Senin (15/7/2024)--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWI - Ribuan Guru di Kabupaten Melawi menghadiri acara Temu Pendidikan Nusantara XI Tahun 2024 di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi pada Senin, (15/7/2024). Kegiatan yang mengusung tema 'Pemimpin Pendidikan Berdaya' ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari 15-17 Juli 2024. 

Berbagai rangkaian disiapkan untuk 1.500 guru yang hadir, seperti Seminar Pendidikan Merdeka belajar, Temu Pendidik Nusantara dan Pemimpin Pendidikan yang Berkarya, Seminar Public Speaking Perempuan dan Festival Panen Hasil Belajar.

Bupati Melawi diwakili Sekretaris Daerah, Paulus hadir dalam membuka acara ini. Dalam sambutan bupati yang dibacakan oleh Sekda Melawi, menyampaikan pemerintah Kabupaten Melawi senantiasa memberikan dukungan serta mengapresiasi memberikan dukungan serta mengapresiasi para guru yang siap membawa perubahan dalam dunia pendidikan.

Menurut bupati, tugas mulia sebagai pendidikan adalah amanah yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter, kepribadian, dan potensi anak didik. Menjadi pemimpin pendidikan bukan sebuah keistimewaan, tapi sebuah tantangan yang dipilih secara sadar untuk berdampak.

BACA JUGA:Rumah Habis Terbakar, Rusmiati Menangis Dapat Bantuan dari PMI Melawi

Kata Bupati Dadi, seorang guru juga harus mau dan mampu menjadi penggerak dalam mewujudkan pembelajaran kontekstual agar pembelajaran bisa lebih fokus dan mengarah pada kebutuhan masing-masing daerah dengan mempertahankan kearifan lokal.

"Semoga kegiatan temu pendidikan nusantara ini bisa menjadi wadah dalam rangka menggali ilmu, sharing dan transfer pengalaman para guru di Kabupaten Melawi yang akan berdampak pada maju secara bersama para guru dalam meningkatkan mutu pendidikan serta mensukseskan kurikulum merdeka yang diprogramkan oleh pemerintah," harap Bupati Melawi dalam sambutanya yang dibacakan Sekda Melawi, Paulus.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melawi, Yusseno, mengatakan sejak tahun 2024, temu pendidikan nusantara telah mempertemukan, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, serta pemangku kepentingan ekosistem pendidikan lainya. 

"Komunitas guru belajar nusantara Kabupaten Melawi telah mempelopori pelaksanaan TPN IX pada tahun 2022 dan TPN X pada tahun 2023. Saat ini kembali menggelar TPN XI dengan berbagai kegiatan yang semakin meriah dan bewarna," ujarnya.

Ia berharap, kepada semua guru yang hadir untuk manfaatkan momen berharga pada acara ini, untuk mengeksplor potensi yang ada pada peserta didik dan guru dalam karya penggerak perubahan pendidikan melalui, festival panen hasil belajar, pemetaan kompetensi guru melalui CCG, seminar pendidikan, seminar perempuan PGRI, dan berbagi praktik baik sesuai tema yang diusung.

"Saya berharap kepada guru agar selalu meningkatkan peran strategis melalui pengembangan profil pelajar Pancasila yang membumi dan berdampak pada perilaku dan budaya peserta didik semakin baik," pungkasnya.

Sumber: disway kalbar