Rentcar MaC
Mau iklan?

Edi Kamtono Bicara Soal Konsep Pontianak Kota Metropolitan

Edi Kamtono Bicara Soal Konsep Pontianak Kota Metropolitan

Wali Kota Pontianak periode 2019-2023, Edi Kamtono saat menghadiri Dialog Luar Studio RRI Pontianak, Pontianak, Kamis (11/7/2024).-RRI-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak periode 2019-2023, Edi Kamtono menjelaskan tentang konsep kota metropolitan versinya.

Hal itu diungkap Edi saat menghadiri Dialog Luar Studio RRI Pontianak, Pontianak, Kamis (11/7/2024).

Edi sendiri menuturkan jika sebuah Kota itu problematiknya sangat luas dan dipengaruhi oleh faktor eksternal, regional dan internal yang ada didalamnya.

"Memang kita sadari bahwa sebuah kota itu problematik ya sangat luas dipengaruhi oleh faktor eksternal dan regional dan bahkan internal yang ada di dalam," katanya.

Kata Edi, dalam mewujudkan kota yang nyaman dan enak di huni serta menampung segala aktivitas masyarakat dan membuat masyarakat bahagia tentu tidak akan terlepas dari regulasi-regulasi pemerintah pusat dan provinsi. 

"Maka dengan berbagai macam permasalahan ini kita harus bisa membuat skenario bagaimana kota kedepan menjadi kota yang nyaman dan enak di huni serta menampung segala aktivitas dan sebagai kota yang membuat masyarakatnya bahagia," lanjutnya.

BACA JUGA:Mengenal Barantum,

Oleh karena itu, ia menegaskan kalau diperlukan kolaborasi antar pemerintah dan masyarakat.

"Apa yang kita rencanakan akan sulit terwujudkan apabila tidak adanya kerja sama dan kolaborasi dukungan segala pihak seperti kerja sama antar pemerintah dan masyarakat," ujar Edi. 

Menurut Edi, konsep Pontianak yang akan berubah menjadi sebuah Kota Metropolitan itu pasti akan terjadi. Karena jumlah jiwa yang tercatat di Pontianak saat ini masih termasuk kota sedang yaitu kurang dari satu juta jiwa.

Namun, ungkap Edi, tidak dapat di pungkiri bisa jadi kedepannya dua atau tiga tahun kedepan mungkin akan mencapat satu juga jiwa.

Selain itu, keterbatasan luas wilayah, topografi, SDM, dan lainnya juga akan berdampak pada bagaimana kolaborasi pemerintah kota, provinsi dan pusat dalam menjalin hubungan tersebut dengan baik.

“Kembali ke kota Pontianak kalo kita Feedback sejarah jaman dulu dan dalam proses pembangunan dan masa depan ini sangat panjang dan banyak lika liku.nya. Dalam judul menuju Pontianak kota metropolitan tentu pasti akan menjadi, karena definisi kota Pontianak ini masih termasuk kota sedang karena kurang dari 1jt jiwa. Tapi kedepan 2/3," ujarnya. (mala)

Sumber: disway kalbar