Rentcar MaC
Mau iklan?

Update BPBD Mempawah: Belum Ada Titik Karhutla, Wilayah Tetap Aman dari Ancaman Kebakaran Hutan

Update BPBD Mempawah: Belum Ada Titik Karhutla, Wilayah Tetap Aman dari Ancaman Kebakaran Hutan

Purwadi, Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana BPBD Mempawah, sedang diwawancara di ruang kerjanya. Kamis, (11/7/2024). --Disway Kalbar

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (Kabid P2B) BPBD Mempawah, Purwadi, menyampaikan bahwa hingga saat ini belum tercatat adanya titik karhutla di wilayah Kabupaten Mempawah.

Sejauh ini, informasi terkait potensi karhutla biasanya diperoleh dari laporan masyarakat serta sumber-sumber resmi seperti SiPongi dari Kementerian LHK, BNPB, TNI, dan Polri.

"Kita terus memantau dan melakukan verifikasi terhadap laporan-laporan yang masuk, baik dari masyarakat maupun sumber-sumber resmi lainnya. Hingga saat ini, Alhamdulillah, belum ada laporan mengenai kejadian karhutla di wilayah kita," ujar Purwadi.

Pada tahun 2023, Kabupaten Mempawah sempat mengalami beberapa titik hotspot mulai dari bulan Januari hingga Oktober. Namun, kali ini, situasi berbeda dengan kondisi saat ini yang masih aman dari ancaman kebakaran hutan.

Purwadi juga menambahkan bahwa beberapa laporan hotspot yang masuk sebelumnya ternyata berasal dari daerah dengan tanah halus, bukan gambut, yang sering kali disebabkan oleh aktivitas pembukaan lahan yang dilakukan masyarakat dalam waktu singkat.

"Namun, untuk daerah-daerah rawan seperti lahan gambut, kami terus melakukan pemantauan intensif guna memastikan tidak terjadi kebakaran hutan," katanya.

BPBD Mempawah akan terus melakukan patroli dan monitoring secara rutin untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan, terutama pada musim kemarau yang kerap menjadi masa rawan.

Sumber: disway kalbar