Rentcar MaC
Mau iklan?

Desa Lengkong Nyadom Melawi Deklarasi ODF, Ahmad Darmawan Berikan Apresiasi

Desa Lengkong Nyadom Melawi Deklarasi ODF, Ahmad Darmawan Berikan Apresiasi

Sekda Melawi, Paulus Poto Bersama para Warga Desa Lengkong Nyadom pada Kamis (4/7/2024)--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWI - Masyarakat Desa Lengkong Nyadom, Kecamatan Ella Hilir, Melawi gelar deklarasi dan berkomitmen untuk tidak buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

Pendeklarasian dilakukan di Lapangan Terbuka Desa Lengkong Nyadom, Kamis (4/7/2024) yang disaksikan langsung oleh Bupati Melawi diwakili Sekda Melawi, Paulus beserta OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Kepala Desa Lengkong Nyadom, Riung mengatakan hasil pendataan penduduk di bulan Juni tahun 2024 jumlah penduduk desanya tercatat sebanyak 1.547 jiwa, terdiri dari laki-laki 817 jiwa dan perempuan 730 jiwa. Dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 457 Kepala Keluarga. Kepala Keluarga Laki-laki sebanyak 410 dan kepala keluarga perempuan sebanyak 47. Sedangkan bangunan rumah sebanyak 391 rumah.

"Diawal tahun 2024 bahwa rumah warga di desa kami yang belum memiliki WC sebanyak 115 rumah. Dengan bantuan dari pihak Wahana Visi  Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Desa Lengkong Nyadom serta bantuan dari masyarakat yang membantu percepatan dalam pembangunan WC, sehingga 115 rumah tersebut sudah memiliki WC di bulan Mei tahun 2024," terangnya.

BACA JUGA:Paulus: Baru 27 Desa di Melawi Deklarasikan ODF, 142 Desa Belum

Kata Riung, dalam penyelenggaraan pembangunan desa diharapkan dapat diwujudkan pembangunan berwawasan kesehatan, yang mana salah satu wujud nyatanya berupa penyiapan desa stop buang air besar sembarangan melalui deklarasi ini.

"Perilaku buang air besar sembarangan dapat menimbulkan kejadian penyakit menular, seperti diare dan lain sebagainya. Desa ODF dapat memutuskan mata rantai penularan penyakit. Dengan menerapkan STBM desa ODF dapat mewujudkan Desa Lengkong Nyadom sehat. Desa sehat merupakan kondisi kesehatan masyarakat yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk," katanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Melawi, Ahmad Darmawan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada warga, kades dan perangkat Desa Lengkong Nyadom yang sudah berjuang untuk bisa melaksanakan deklarasi ODF ini.

"Kami dari Dinas Kesehatan Melawi sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada seluruh warga dan perangkat Desa Lengkong Nyadom yang sudah berjuang secara maksimal untuk mewujudkan desa ODF ini,"ujarnya.

Ahmad Darmawan juga mengatakan ODF salah satu pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk mewujudkan kabupaten yang ODF.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Wahana Visi Indonesia yang sudah membantu desa-desa di Kabupaten Melawi ini menjadi desa ODF. Saya juga ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berupaya dengan penuh sadar akan pentingnya arti dari sanitasi lingkungan dan saya berikan apresiasi juga pada tim Dinkes Melawi yang sudah memotivasi masyarakat untuk melakukan ODF,  " pungkasnya.

 

Sumber: disway kalbar