Rentcar MaC
Mau iklan?

Rencana Perluasan Jaringan, Warga 3 Desa di Kecamatan Nanga Pinoh Akan Dapatkan Sambungan Rumah Gratis

Rencana Perluasan Jaringan, Warga 3 Desa di Kecamatan Nanga Pinoh Akan Dapatkan Sambungan Rumah Gratis

Direktur Perumdam Tirta Melawi, Bambang Setiawan saat Memberikan Sambutan di Acara Rapat Rencana Perluasan Jaringan pada Selasa (2/7/2024) di Aula Perumdam Tirta Melawi--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWI - Camat Nanga Pinoh bersama Perumdam Tirta Melawi dan Dinas Perkim menggelar rapat rencana perluasan jaringan dan cakupan pelayanan dalam program sambungan rumah gratis dana anggaran khusus (DAK) tahun 2025 di Aula Perumdam Tirta Melawi, Selasa (2/7/2024).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Direktur Perumdam Tirta Melawi, Kepala Dinas Perkim Melawi, Camat Nanga Pinoh, Danramil 01 Nanga Pinoh, Kapolsek Nanga Pinoh, Kepala Desa  Tanjung Lay, Tembawang Panjang, Sekdes Poring dan para Ketua BPD di tiga desa tersebut 

Direktur Perumdam Tirta Melawi, Bambang Setiawan menyampaikan berkaitan dengan program yang selama ini sudah dicanangkan oleh pemerintah RI yang berkaitan untuk membantu stunting, air bersih adalah salah satu faktor bagaimana stunting ini turun atau naik.

"Hari ini kita akan berdiskusi tentang bagaimana desa-desa yang terlewati oleh pipa Perumdam Tirta Melawi. Memang selama ini sudah diberikan solusi, tapi hari ini kami mencoba menggagas kembali solusi terbaik untuk masyarakat 3 desa tersebut," ujarnya.

BACA JUGA:PPDB Jalur Prestasi di SMA Negeri 2 Nanga Pinoh LancarMenurutnya, Kabupaten Melawi melalui Dinas Perkim sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan program sambungan gratis yang diberikan pada masyarakat.

"Program inilah yang akan dijelaskan hari ini oleh Kadis Perkim. Kami Perumdam hanya sebagai penerima manfaat dari program-program pemerintah yang masuk ke Perumdam. Karena sambungan rumah ini terkoneksi ke pipa Perumdam," terangnya.

Kata Bambang, tiga desa ini (Desa Poring, Tembawang Panjang dan Tanjung Lay) yang dilewati oleh pipa induk (pipa distribusi) dari bendungan di Poring, akan mendapatkan perlakuan khusus, dimana akan dipasangkan sambungan gratis melalui program ini dan untuk bayaran air per kubik nya hitungan khusus, akan lebih murah.

Sementara itu, Camat Nanga Pinoh, Hendra Permana mengatakan suatu keberuntungan program DAK tahun 2025 bisa masuk di Kecamatan Nanga Pinoh. Program sambungan gratis ini tentunya bukan hanya menjalankan program yang telah disediakan oleh pemerintah, tetapi bagaimana bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.

"Mari sama-sama kita dukung program pemerintah dan dukung keberlanjutannya demi kepentingan masyarakat luas," ajaknya.

Di kesempatan sama, Kepala Dinas Perkim Melawi, Hinduansyah mengatakan penginputan data program ini terakhir pada bulan Juli 2024 ini. Ia berharap dalam Minggu ini paling lama Minggu depan semua data usulan sudah di input ke sistem Kerisna. 

"Usulan DAK ini memang ada sistem yang harus diinput dan waktunya juga terbatas. Kami berharap dalam rangka percepatan usulan ini ada beberapa data nantinya yang harus segera disiapkan. Karena usulan ini by name by address," tuturnya.

 

Sumber: disway kalbar