Rentcar MaC
Mau iklan?

Kecamatan Nanga Pinoh Launching BUMDesma Juang, Motor Penggerak Ekonomi Desa

Kecamatan Nanga Pinoh Launching BUMDesma Juang, Motor Penggerak Ekonomi Desa

Direktur BUMDesma Juang Nanga Pinoh saat Menyerahkan Beras pada Pembeli Pertama di Kantor Jalan Tengah Desa Paal, Senin (1/7/2024)--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWIKecamatan Nanga Pinoh menggelar Launching Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Juang, Senin (1/7/2024). Acara tersebut juga sekalian meresmikan Kantor BUMDesma nya yang berada di Jalan Tengah Desa Paal. 

"Semoga BUMDesma Juang ini menjadi motor penggerak ekonomi warga di desa se-Kecamatan Nanga Pinoh dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa melalui pengelolaan usaha yang profesional dan berkelanjutan," ungkap Camat Nanga Pinoh, Hendra Permana.

Menurut Hendra, proses untuk pendaftaran badan hukum memang tidak mudah dan memerlukan waktu cukup panjang, walaupun Ia sempat menekan direktur BUMDesma nya untuk segera bergerak,

"Kita bersyukur akhirnya sertifikatnya terbit juga," teranya.

BACA JUGA:Aiptu Yanto Hibahkan Tanah untuk Jalan Warga, Kapolres Melawi: Contoh Nyata Pengabdian Polri pada Masyarakat

Hendra berharap, kegiatan launching ini bisa menjadi tonggak awal baru pola pembinaan, peningkatan dan pengembangan kapasitas kepada masyarakat melalui BUMDesma. 

"Saya berharap BUMDesma Juang ini tidak hanya sekedar formalitas dalam rangka kebutuhan regulasi undang- undang yang berlaku, tapi juga terus berjalan yang bisa menghasilkan profit  supaya bisa menambah kontribusi terhadap pendapatan hasil desa maupun peningkatan perekonomian masyarakat itu sendiri," harapnya.

Ia juga berkomitmen untuk beras kebutuhan sehari-hari nya akan membeli melalu BUMDesma Juang.

"Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi. Mulailah dari diri kita masing-masing untuk bisa sama-sama memajukan BUMDesma ini. Saya juga mengajak kepada seluruh warga se Kecamatan Nanga Pinoh untuk bisa membeli beras melalui BUMDesma Juang ini," ajaknya.

Sementara itu, Direktur BUMDesma Juang Nanga Pinoh, Zawardi menyampaikan tujuan launching hari ini untuk memperkenalkan BUMDesma Juang pada masyarakat Nanga Pinoh dan akan memperjuangkan Visi Misi dari BUMDesma tersebut.

Kata dia, BUMDesma Juang memiliki Visi menjadi motor perekonomian masyarakat Kecamatan Nanga Pinoh melalui pengembangan usaha suplayer beras di Kecamatan Nanga Pinoh.

BACA JUGA:Polres Melawi Gelar Fun Run 2024, Hadiah Utama Dua Motor Diborong Emak-emak

Serta BUMDesma Juang memiliki Misi yakni meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi antar desa, mengembangkan jaringan kerjasama usaha atau pihak ketiga. 

Selain itu BUMDesma Juang juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan pengembangan usaha untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, meningkatkan usaha ekonomi masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa sebagai wujud gotong royong.

Sumber: disway kalbar