Rentcar MaC
Mau iklan?

Cara Bangun Personal Boundaries Untuk Bisa Memahami Batasan Diri

Cara Bangun Personal Boundaries Untuk Bisa Memahami Batasan Diri

Ilustrasi Personal Boundaries.-Istimewa-Google

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Dalam menjalani sebuah kehidupan, kadang kita sering menghadapi situasi yang membuat kita lupa akan batasan-batasan yang boleh atau tidak boleh untuk diungkapkan dan dilakukan, baik ke teman dekat maupun pasangan kita.

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum bisa memahami pentingnya Personal Boundaries sehingga tidak banyak orang menerapkan saat berhadapan di kehidupan nyata.

Untuk itu, mulai dari sekarang penting bagi kita untuk mempelajari apa itu Personal Boundaries dan menerapkannya mulai dari sekarang.

BACA JUGA:Hukum Bagi Pelaku Aborsi di Indonesia dan Hak Anak dalam Kandungan untuk Hidup

Kamu sudah tahu apa itu Personal Boundraies?

Secara singkat, Personal Boundaries merupakan suatu batasan diri terhadap orang lain atau lingkungan sekitar kita mulai dari lingkungan luar maupun lingkungan keluarga, sehingga membuat hidup kita terasa lebih nyaman.

Menurut University of South Africa terdapat beberapa jenis Personal Boundaries, di antaranya:

- Batasan Fisik, yaitu batasan yang melibatkan jarak atau bersentuhan fisik dengan orang lain agar merasa aman dan nyaman.

- Batasan Material, yaitu batasan tentang mengelola atau mengatur keuangan. Kita harus dapat memberi batas untuk siapa saja yang ingin meminjam uang ataupun barang milik kita, sehingga kita terhindar dari perasaan terpaksa dan kesulitan dalam hal finansial.

- Batasan Mental, yaitu batasan yang mengharuskan kita menjaga atau membatasi pikiran terhadap hal yang membuat kita stress dan menghambat pekerjaan.

- Batasan Emosional, yaitu batasan yang mengatur bagaimana kita mengelola emosi dan perasaan untuk orang-orang yang menguras emosi dan tenaga kita.

- Batasan Seksual, yaitu batasan tentang keterlibatan suatu kenyamanan dalam berhubungan intim sehingga mengedepankan rasa hormat dan kenyamanan satu sama lain.

- Batasan Spiritual, yaitu batasan untuk menjalankan dan menjaga keyakinan kita dalam beragama agar senantiasa harmonis dan sejahtera.

BACA JUGA:Geger! Nikita Mirzani Intervensi Soal Isu Putusnya Ayu Ting Ting dengan Fardhana, Bukan Salah Ayu

Sumber: disway kalbar