Rentcar MaC
Mau iklan?

Tube Settler Sudah Usia 10 Tahun, Penyebab Kejernihan Air Perumdam Tirta Melawi Menurun

Tube Settler Sudah Usia 10 Tahun, Penyebab Kejernihan Air Perumdam Tirta Melawi Menurun

Direktur Perumdam Tirta Melawi, Bambang Setiawan--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWIPerusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Melawi, Kalbar langsung bergerak ketika ada keluhan air keruh dari pelanggan. Tim Perumdam Tirta Melawi akan mencari tahu penyebab air menjadi keruh.

Direktur Perumdam Tirta Melawi, Bambang Setiawan mengatakan salah satu penyebab utama air dari Perumdam Tirta Melawi agak menurun kejernihan air dikarena alat tube settler sudah tidak lagi berfungsi secara maksimal. 

 

"Tube Settler kita itu sudah tidak lagi berfungsi secara maksimal, usianya sudah 10 tahun, selayaknya untuk diganti," ungkap Bambang saat ditemui di ruangannya, Rabu (26/6/2024).

BACA JUGA:Belasan Tahun Menunggu, Akhirnya Melawi Raih Sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes

Kata dia, alat tersebut fungsinya untuk mengendapkan kotoran air atau lumpur, kalau alat itu tidak berfungsi, ya otomatis kotoran air juga ikut terkirim ke pelanggan. Itulah salah satu kendala penyebab kejernihan air Perumdam Tirta Melawi menurun.

Menurut Bambang, pihak Perumdam Tirta Melawi juga sudah berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Melawi, Paulus selaku Dewan Pengawas dan Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa tentang rencana penggantian Tube Settler.

"Kita juga sudah sampaikan permasalahan ini kepada Pak Sekda dan Pak Bupati, H. Dadi," ujarnya.

Selain itu, Bambang juga menyampaikan air keruh yang terjadi ketika ada sambungan pipa yang pecah. Jadi, air tercampur tanah dan bahan material lainnya. Permasalahan bisa diselesaikan dengan menembak atau flushing sehingga air yang mengalir ke warga jadi bersih. Pipa yang pecah juga diperbaiki.

"Kita akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kita, setiap ada permasalahan, kita akan terus kita carikan solusi terbaiknya," tuturnya.

Sumber: disway kalbar