Rentcar MaC
Mau iklan?

Heri Saman Kalahkan Karolin dalam Survei Pilkada Landak.

Heri Saman Kalahkan Karolin dalam Survei Pilkada Landak.

Heri Saman dan Karolin Margret Natasa. (IST)--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pusat studi Tata Kelola dan Manajemen Teknologi Informasi (GMIT) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga telah merilis hasil survei mengenai kekuatan calon bupati Landak dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang.

Royke R Siahainenia selaku peneliti dari UKSW Salatiga, menyampaikan hasil survei tersebut melalui konferensi video zoom pada Jumat (14/6).

Survei tersebut dilakukan pada 17-26 Mei 2024 dan melibatkan 2.113 responden yang merupakan warga Kabupaten Landak berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Hasil survei menunjukkan bahwa terdapat beberapa tokoh potensial yang memiliki popularitas untuk maju sebagai calon bupati Kabupaten Landak.

Beberapa temuan mengejutkan datang dari survei tersebut.

Misalnya Heri Saman, Ketua DPRD Kabupaten Landak, mendominasi survei dengan tingkat popularitas sebesar 54,13 persen.

Di posisi kedua, terdapat Karolin Margaret Natasa, mantan Bupati Landak periode 2017-2022, dengan tingkat popularitas sebesar 27,14 persen.

Selanjutnya, terdapat Vinsensius Sekretaris Daerah Kabupaten Landak dengan tingkat popularitas sebesar 12,44 persen, dan Yulius Aho pengusaha sebesar 8,16 persen.

Dalam hal keterpilihan atau elektabilitas, Heri Saman juga menempati posisi tertinggi dengan tingkat keterpilihan sebesar 54,23 persen, diikuti oleh Karolin Margaret Natasa dengan tingkat keterpilihan sebesar 25,83 persen.

Survei ini juga menemukan bahwa faktor-faktor seperti rekam jejak, program kerja yang ditawarkan, dan persepsi masyarakat terhadap integritas dan kompetensi para calon mempengaruhi pilihan masyarakat.

Mayoritas responden menginginkan pemimpin yang memiliki visi jelas untuk memajukan Kabupaten Landak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Hasil survei ini diharapkan dapat memberikan gambaran awal mengenai preferensi masyarakat dan membantu para pemangku kepentingan dalam menyusun strategi yang tepat,” tutup Roy. (mif)

Sumber: pontianak post