Rentcar MaC
Mau iklan?

Sebelumnya Tolak Tawaran Uji Coba Melawan Timnas Indonesia, Presiden FAM Berubah Pikiran

Sebelumnya Tolak Tawaran Uji Coba Melawan Timnas Indonesia, Presiden FAM Berubah Pikiran

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.COM - Duel sepak bola antara Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia selalu menghadirkan atmosfer yang berbeda. Rivalitas keduanya telah terjalin dengan sangat kuat selama bertahun-tahun, memanaskan pertarungan di panggung sepak bola Asia Tenggara. Meskipun rivalitas ini telah menjadi bagian dari sejarah sepak bola, namun pertemuan resmi atau uji coba antara kedua tim jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, terdapat sebuah perubahan sikap mengejutkan muncul dari pihak Malaysia, yang di mana Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Bin Mohd Amin,sebelumnya menolak tawaran uji coba dari PSSI, kini berubah pikiran.

BACA JUGA:Menyala! Bung Towel Beri Nilai Timnas Indonesia U-23 bisa menang Lawan Guinea U-23, Ini Syaratnya!

Sejak pertemuan terakhir di Piala AFF 2021, yang di mana Timnas Indonesia menang telak dengan skor 4-1, keduanya tidak bertemu lagi dalam pertandingan resmi atau uji coba. 

Alasan dari penolakan sebelumnya ternyata adalah masalah jadwal. Datuk Hamidin menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat menemukan waktu yang tepat untuk menggelar pertandingan tersebut karena jadwal tim senior dan U-23 Malaysia yang padat dengan berbagai agenda. Meskipun begitu, perubahan sikap pun tampak dari pernyataan terbarunya. Dia menyatakan bahwa mereka ada kesempatan untuk menggelar pertandingan uji coba melawan Timnas Indonesia, baik itu tim senior maupun U-23, pihaknya akan terbuka untuk melakukan hal tersebut.

Erick Thohir pernah ajak kami pada tahun lalu, tetapi kami tidak dapat waktu yang tepat karena senior dan U-23 sedang ada agenda,” kata Datuk Hamidin dari YouTube Harimau Malaya, Rabu (8/5/2024).

“Kalau ada ruang untuk FIFA Matchday, tidak masalah kami beruji coba dengan Indonesia. Baik tim senior atau U-23. Kami akan melihat kesesuaian waktu untuk kedua tim,” katanya.

Komentar terbaru dari Presiden FAM tersebut menunjukkan sikap yang lebih fleksibel dan terbuka terhadap kemungkinan untuk bertemu dengan Timnas Indonesia dalam sebuah pertandingan uji coba. Datuk Hamidinbahkan menyatakan bahwa jika ada kesempatan dalam rangka FIFA Matchday, pihaknya tidak akan menolak untuk melangsungkan uji coba dengan Indonesia. Hal ini menandakan perubahan sikap yang positif dari pihak FAM Malaysia dalam menjalin kerjasama dengan PSSI.

BACA JUGA:Erick Thohir Effect! Laga Play-Off Indonesia Melawan Guinea Bisa Disiarkan TV Nasional

Perubahan sikap ini juga menandakan pentingnya kolaborasi antara federasi sepak bola dalam mengembangkan dan memajukan sepak bola di Asia Tenggara. Meskipun rivalitas antara Timnas Indonesia dan Malaysia selalu menjadi sorotan, kerjasama antara kedua negara dalam hal olahraga dapat membawa dampak yang positif bagi perkembangan sepak bola di kawasan ini. 

Dengan adanya kesempatan untuk menggelar pertandingan uji coba antara kedua tim, baik itu tim senior maupun U-23, tentunya hal ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antara kedua negara dan meningkatkan persaingan dalam kancah sepak bola regional.

BACA JUGA:Pecat Shin Tae Yong! Ganti Pep Guardiola Untuk Melatih Timnas Indonesia?

Dengan begitu, perubahan sikap dari Presiden FAM tersebut dalam menerima tawaran uji coba dari PSSI merupakan langkah positif menuju kolaborasi yang lebih erat antara Timnas Indonesia dan Malaysia dalam hal sepak bola. 

Meskipun perjalanan untuk merealisasikan pertemuan antara kedua tim mungkin masih panjang, langkah awal ini menunjukkan komitmen dari kedua pihak untuk mengembangkan sepak bola di Asia Tenggara melalui kerjasama dan persaingan yang sehat. Tentunya kita sebagai pecinta sepakbola berharap semoga perubahan sikap ini membawa dampak positif bagi perkembangan sepak bola regional dan memperkuat hubungan antara kedua negara dalam arena olahraga.

Sumber: disway kalbar