Rentcar MaC
Mau iklan?

Hati-Hati! Bahaya Serius Menanti Bagi Pecinta Seblak, Kenali Risikonya Sebelum Terlambat

Hati-Hati! Bahaya Serius Menanti Bagi Pecinta Seblak, Kenali Risikonya Sebelum Terlambat

Seblak--

PONTIANAKINFO.DISWAY.COM - Seblak, makanan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama setelah fenomena viral Seblak Rafael.

BACA JUGA:5 Manfaat Seblak untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Namun, ternyata konsumsi seblak setiap hari tidaklah disarankan karena dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan yang serius.

Dokter Nadia Alaydrus, dalam unggahan Instagram @nadiaalaydrus, Senin (17/7/2023), mengungkapkan bahaya dari keseringan mengonsumsi seblak, termasuk risiko terkena tiga penyakit mematikan.

BACA JUGA:Bahaya yang Mengintai di Balik Kebiasaan Mengonsumsi Junk Food

1. Tinggi Natrium
Seblak memiliki kandungan natrium yang tinggi, mirip dengan mie instan. Natrium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko darah tinggi dan sakit jantung.
Contohnya, beberapa merek seblak terkenal memiliki kandungan natrium hingga 1.290 mg, melebihi batas kebutuhan harian menurut WHO yang hanya 2.000 mg.

2. Masalah Pencernaan
Rasa pedas pada seblak dan bahan-bahannya yang sulit dicerna dapat menyebabkan masalah pencernaan, termasuk peradangan.

BACA JUGA:Kenapa Imunisasi itu Penting?

3. Berat Badan dan Diabetes Tipe 2
Konsumsi seblak secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan karena kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi. Hal ini meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Dengan menyadari bahaya tersebut, bijaklah dalam mengonsumsi seblak. Meskipun lezat, konsumsi yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan.(*)

Sumber: