Iklan pemberitaan
Rentcar MaC

Tips Membuat Skrip Telemarketing Ampuh untuk Penjualan

Tips Membuat Skrip Telemarketing Ampuh untuk Penjualan

--

Baca juga: Contoh Skrip Telesales B2B untuk Tarik Minat Pelanggan

3. Susun Alur Skrip yang Fleksibel

Buatlah skrip telemarketing dengan alur yang fleksibel. Artinya, bukan hanya teks panjang yang harus dibaca kata per kata, melainkan sebagai panduan dengan beberapa jalur percakapan. Tujuannya agar Anda bisa menyesuaikan arah pembicaraan sesuai respon prospek.

Misalnya, jika prospek terlihat tertarik, Anda bisa langsung masuk ke bagian penjelasan detail produk. Jika prospek menolak dengan alasan harga, Anda bisa langsung berpindah ke bagian jawaban keberatan harga. Atau jika prospek sedang sibuk, Anda cukup menggunakan bagian penutup singkat dengan ajakan untuk menjadwalkan ulang.

Dengan alur yang fleksibel ini, percakapan tetap terstruktur, Anda tidak bingung saat menghadapi respon tak terduga, dan prospek merasa diperlakukan lebih personal, bukan sekadar dibacakan skrip standar.

4. Buatlah Skrip yang Conversational

Meskipun membaca skrip, pastikan suara Anda tidak terdengar kaku. Buatlah percakapan Anda lebih mengalir. Pastikan untuk selalu menggunakan smiling voice dan bayangkan bahwa prospek yang Anda ajak bicara benar-benar ada di hadapan Anda.

Pastikan juga rasio bicara dan mendengarkan Anda seimbang, sehingga tidak terkesan menguasai percakapan. Tipsnya, Anda dapat membuat list pertanyaan terbuka, yakni pertanyaan yang membutuhkan jawaban lebih dari sekadar “Ya” atau “Tidak”. Ini membuat prospek merasa lebih terlibat dalam percakapan.

Selain dari “bagaimana” cara berbicara, perhatikan juga “Apa” yang Anda bicarakan. Prospek akan jenuh jika Anda terlalu banyak menjelaskan fitur, fokuslah untuk menjelaskan bagaimana solusi Anda dapat membantu mereka.

5. Evaluasi Skrip Berdasarkan Reaksi Emosional

Jika selama ini Anda hanya mengevaluasi skrip dari hasil penjualan saja, cobalah mulai mengevaluasinya dari bagaimana prospek Anda merespons: apakah merasa tertarik, bertanya, atau terdengar bosan.

Reaksi emosional memberikan insight yang lebih mendalam untuk memperbaiki skrip. Percakapan yang membangkitkan engagement positif biasanya meningkatkan peluang penjualan jangka panjang, bukan hanya closing instant. Namun, bagaimana cara mengevaluasinya secara praktis? Mari berkenalan dengan MiiTel Phone!

Baca juga: ESB: Dengan MiiTel, Telepon Lebih Sistematis, Success Call Telesales Meningkat 40%

MiiTel Phone: Solusi Telemarketing dengan AI Voice Analytics

Lebih dari sekadar tool untuk telepon, MiiTel Phone secara otomatis merekam, menghasilkan transkrip dan summary, hingga analisis percakapan secara otomatis. Fitur analisis percakapan di MiiTel mampu mengidentifikasi:

- Nada bicara, kecepatan, rasio bicara dan mendengarkan, dll

- Analisis sentimen untuk melihat level emosi positif dan negatif dalam percakapan

- Evaluasi aspek yang sudah baik dilakukan atau perlu ditingkatkan

- Membuatkan perbaikan skrip secara otomatis dengan fitur Copilot

Sumber: