Rentcar MaC
Mau iklan?

Presiden Joko Widodo akan Hadiri KTT ASEAN-Australia di Melbourne

Presiden Joko Widodo akan Hadiri KTT ASEAN-Australia di Melbourne

Peran Indonesia dalam kemitraan ASEAN-Australia-Youtube/sekretariat presiden-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo telah mengonfirmasi kehadirannya dalam pertemuan KTT ASEAN-Australia yang akan berlangsung di Melbourne pada tanggal 4-6 Maret 2024.

Dalam pernyataannya di Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin, 4 Maret 2024, beliau menyatakan bahwa dirinya beserta delegasi terbatas akan berangkat menuju Melbourne untuk menghadiri acara tersebut.

BACA JUGA: Dampak Perubahan Iklim terhadap Pertanian Global

KTT ini bertujuan untuk memperingati 50 tahun kemitraan antara Asia dan Australia. Tema yang diangkat adalah 'a partnership for the future', yang menyoroti pentingnya optimalisasi kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dalam menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan makmur.

Presiden Jokowi menyatakan tekadnya untuk mendorong kerja sama dalam penguatan integrasi ekonomi, transisi energi dan transformasi digital, serta untuk memperkuat paradigma kolaborasi dan penghormatan terhadap hukum internasional. Selain itu, isu Palestina juga akan tetap menjadi salah satu fokus diskusi yang diusung oleh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga berencana untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan pemimpin Australia, Selandia Baru, dan Kamboja.

Ini menjadi momentum penting dalam mempererat hubungan antara Indonesia dengan negara-negara tetangga dan mitra strategis di kawasan Asia-Pasifik.

Kehadiran Presiden Jokowi dalam KTT ASEAN-Australia di Melbourne tidak hanya sebagai bentuk komitmen Indonesia terhadap kemitraan regional, tetapi juga sebagai upaya konkret dalam memajukan agenda-agenda strategis di tingkat regional.

Hal ini menunjukkan peran aktif Indonesia dalam mewujudkan stabilitas dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia akan berperan sebagai agen yang memperjuangkan kerja sama yang lebih erat antara ASEAN dan Australia, sekaligus memperkuat posisinya dalam forum-forum internasional.

BACA JUGA:Kolaborasi Seniman dan Pemerintah: Edi Kamtono, Lim Sahih, Acui Simanjaya Berikan Sepasang Lukisan

Melalui berbagai inisiatif yang akan diusung, Indonesia bertekad untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh dalam upaya membangun kawasan Indo-Pasifik yang berkelanjutan dan sejahtera.

Kehadiran Presiden Jokowi dan partisipasi aktif Indonesia dalam KTT ASEAN-Australia di Melbourne adalah sebuah langkah strategis yang penting dalam mewujudkan visi bersama untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

Dengan demikian, Indonesia menegaskan perannya sebagai pemangku kepentingan utama dalam arah masa depan kemitraan regional yang dinamis dan berkelanjutan.***

Sumber: disway