Profil Maman Abdurrahman, Putra Daerah Terbaik Kalbar yang Dilantik Jadi Menteri UMKM Era Prabowo-Gibran

Senin 21-10-2024,22:50 WIB
Reporter : Andien Raegita Wahyuni
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Nama Maman Abdurrahman sering disorot akhir-akhir ini. Putra terbaik dari Provinsi Kalimantan Barat ini melesatkan perjalanan karirnya menjadi Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setelah sebelumnya dipanggil pada hari senin (14/10/2024) di kediaman presiden terpilih, Prabowo Subianto. 

Setelah diperkirakan akan menjadi menteri, kabar simpang siur terjawab ketika nama Maman Abdurrahman ada di dalam daftar finalisasi susunan kabinet pemerintahan Prabowo. Ketua DPD Golkar Kalbar ini menjadi menteri untuk lima tahun ke depan setelah melakukan sertijab di Gedung Smesco, Jakarta Selatan pada hari senin lalu (21/10/2024).

Profil Maman Abdurrahman

Bukan tanpa alasan, Maman Abdurrahman terpilih menjadi Menteri UMKM karena segudang prestasi dan juga perjalanan karir yang hebat. Berikut profil dari Maman Abdurrahman, Menteri UMKM terpilih dari Kalimantan Barat!

BACA JUGA:  Prabowo Subianto Minta Maman Abdurrahman, Putra Kalbar Jadi Menteri UMKM

Maman Abdurrahman lahir di Kota Khatulistiwa pada tanggal 10 September 1980. Alumni SMA Negeri 3 Pontianak ini melanjutkan pendidikan selanjutnya di Universitas Trisakti jurusan Teknik Perminyakan. Maman lulus dari Teknik Perminyakan Universitas Trisakti pada tahun 2008.

Dilansir dari tempo.co Maman cukup aktif sebagai mahasiswa di kampus, buktinya ia pernah menjadi Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trisakti pada tahun 2004-2006 yang tentunya posisi ini menunjukkan bagaimana Maman memang piawai untuk menunjukkan kemampuannya sebagai pemimpin.

Tak hanya di BEM Trisakti, Maman juga pernah menjadi ketua bidang di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Trisakti pada tahun 2003-2004. 

Perjalanan politik Maman Abdurrahman dimulai ketika bergabung dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dan menjadi pengurus DPP Partai Golkar pada tahun 2010. Dilansir dari kompas.com Maman juga pernah menjadi ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

BACA JUGA:  Berikan Tanggapan Terkait Isu Seputar Pemecatan Norsan, Maman : Kurang Paham Saya Motivasinya Apa!

Bersama Golkar pula, Maman berhasil lolos untuk kursi di Senayan sebagai anggota DPR pada tahun 2019 lalu. Perlu diketahui pula jika Maman sempat menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI bidang energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup. Tak hanya itu, Maman juga pernah tercatat pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli di Kementerian Sosial pada tahun 2018. 

Sebelum dilantik menjadi menteri UMKM, Maman Abdurrahman diketahui menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Barat periode 2020-2025. 

Prestasi dan kecintaan Maman Abdurrahman terhadap politik memang tidak dapat diragukan lagi, tentunya harapan terhadap masa depan Koperasi dan UMKM di negeri ini diharapkan dapat direalisasikan dengan sebaik-baiknya.

Kategori :