Polres Kubu Raya Rekayasa Lalu Lintas Jalur Lintas Provinsi yang Tersendat Banjir di Sungai Ambawang

Jumat 18-10-2024,17:47 WIB
Reporter : Argha Afif
Editor : Argha Afif

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, KUBU RAYA - Hujan deras yang mengguyur Kalimantan Barat mengakibatkan beberapa Kabupaten mengalami banjir pada Jumat 18 Oktober 2024. Kabupaten Kubu Raya termasuk daerah yang terdampak banjir tersebut, sedikitnya ada tiga Dusun yang menjadi perhatian khusus sebagai jalur lintas kendaran.

Sedikitnya ada tiga dusun yang mengalami banjir setinggi paha orang dewasa, yakni Dusun Tapah KM 36, Dusun Kayu Arah KM 37, Dusun Lintang Batang KM 40, Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Ketiga Dusun tersebut merupakan jalur lintas kendaraan antar Provinsi, Nasional dan Kabupaten. 

Pengiriman logistik dari provinsi ke Kabupaten dan berbagai aktivitas sempat tersendat. Satuan Lalu Lintas Polres Kubu Raya memberlakukan rekayasa arus berupa buka tutup dan juga contraflow guna menarik kendaraan yang tersendat macet akibat genangan air di lokasi tersebut.

BACA JUGA:  Operasi Zebra Kapuas 2024 Polres Kubu Raya: Pendekatan Preemtif dan Humanis Utamakan Edukasi

Tidak itu saja, petugas Lalu Lintas Polres Kubu Raya juga melakukan himbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berkendara di tengah kondisi jalan yang tergenang air dan tidak memaksakan pejalan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kasat Lantas Polres Kubu Raya, AKP Supriyanto, melalui Kasubsi Penmas, AIPTU Ade, menjelaskan bahwa genangan air di wilayah tersebut memanjang sekitar satu hingga satu setengah meter dengan ketinggian mencapai paha orang dewasa dari permukaan jalan.

"Sampai saat ini personil Satlantas Polres Kubu Raya masih melakukan pemantauan dan pengaturan arus lalu lintas untuk membantu para pengendara, serta mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri melintas jika kondisi air semakin tinggi," ujar Ade, Jumat (18/10).

Ade pun meminta para pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara dan memastikan keselamatan bersama, kondisi ini memerlukan kewaspadaan tinggi dan keselamatan merupakan prioritas yang utama.

BACA JUGA:  Operasi Zebra Resmi Digelar di Singkawang, Berikut 10 Utama Fokus Penertiban Pelanggar Lalu Lintas!

“Keselamatan masyarakat adalah prioritas utama kami. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan pemantauan situasi di lapangan. Banjir ini juga menyebabkan keterbatasan akses ke beberapa daerah, sehingga kami terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan perangkat desa setempat untuk menangani dampak banjir dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak,” ujarnya. 

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir susulan, serta diharapkan mengikuti arahan dari pihak berwenang demi menjaga keselamatan bersama.

Salah satu pengemudi yang melintasi jalur tersebut menyampaikan apresiasinya atas kehadiran personel kepolisian yang sigap memberikan pelayanan di tengah kondisi banjir. Salah satu sopir Travel tujuan Sanggau - Pontianak, Sutiyoso, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Satuan Lalu Lintas Polres Kubu Raya yang hadir saat masyarakat membutuhkan.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari pihak kepolisian, khususnya Satlantas Polres Kubu Raya, terutama dalam mengatur arus lalu lintas dan memberikan himbauan kepada kami. Kehadiran mereka di sini sangat membantu, terutama saat air mulai naik dan jalanan tergenang. Dengan adanya petugas di lapangan, kami merasa lebih aman dan terbantu dalam menghadapi situasi ini,” ucap Sutiyoso.

Kategori :