Operasi Zebra Kapuas 2024 Polres Kubu Raya : Pendekatan Preemtif dan Humanis Utamakan Edukasi

Jumat 18-10-2024,11:28 WIB
Reporter : Argha Afif
Editor : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID Kubu Raya – Dalam rangka meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan menekan angka pelanggaran, Polres Kubu Raya melaksanakan Operasi Zebra Kapuas 2024 dengan pendekatan preemtif yang humanis. (18/10/24).

Operasi ini digelar sejak Senin, 14 Oktober 2024 di sejumlah titik di arah masuk antar kota, kabupaten dan provinsi wilayah hukum Polres Kubu Raya, dengan fokus pada edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Kasatlantas Polres Kubu Raya AKP Supriyanto melalui Kasubsi Penmas AIPTU Ade, menjelaskan bahwa Operasi Zebra Kapuas kali ini lebih mengedepankan tindakan persuasif dan pencegahan melalui pendekatan yang lebih ramah.

“Kami ingin masyarakat merasa nyaman, bukan takut. Pendekatan humanis ini diharapkan dapat membangun kesadaran berlalu lintas secara benar secara tanpa tekanan,” ujar Ade, Kamis 17 Oktober 2024.

BACA JUGA:Operasi Zebra Resmi Digelar di Singkawang, Berikut 10 Utama Fokus Penertiban Pelanggar Lalu Lintas!

Selama operasi berlangsung, polisi tidak hanya fokus pada penindakan pelanggaran, tetapi juga memberikan edukasi langsung kepada pengendara di jalan. Beberapa bentuk sosialisasi yang dilakukan antara lain pembagian brosur mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas, pemasangan spanduk himbauan di titik-titik rawan kecelakaan, serta himbauan langsung kepada pengendara yang ditemukan melakukan pelanggaran ringan.

"Pendekatan preemtif dan humanis yang dilakukan personil Operasi Zebra Kapuas 2024 Polres Kubu Raya ini agar masyarakat paham bahwa keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab bersama. Kami tidak hanya melakukan penindakan, tetapi juga memberikan pemahaman mengapa aturan lalu lintas perlu ditaati," jelas Ade.

Selain itu, petugas di lapangan juga menggunakan kesempatan operasi ini untuk berinteraksi langsung dengan pengendara, mendengarkan keluhan, dan memberikan arahan yang lebih personal. Hal ini dilakukan guna membangun kedekatan antara masyarakat dan aparat kepolisian, serta menghilangkan kesan negatif bahwa operasi semata-mata bertujuan untuk menjatuhkan sanksi.

Salah satu pengendara, Aris Saputra (23) warga Kecamatan Sungai Ambawang, mengaku senang dengan pendekatan yang dilakukan oleh Polres Kubu Raya dalam pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2024 secara preemtif dan humani.

BACA JUGA:Polres Mempawah Luncurkan Sosialisasi Pembagian Brosur 8 Prioritas Pelanggaran OPS Zebra Kapuas 2024

“Biasanya kalau ada razia kita merasa tegang, takut kalau ada yang kurang, kalau bisa kita putar balik dengan resiko yang tinggi. Tapi kali ini, petugas sangat ramah, memberi penjelasan dengan baik, dan saya jadi lebih paham aturan lalu lintas,” ungkapnya.

" Operasi Zebra Kapuas 2024 akan berlangsung selama dua pekan dengan target mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, terutama yang disebabkan oleh pelanggaran seperti tidak memakai helm, tidak membawa surat-surat kendaraan, dan melanggar batas kecepatan. Melalui pendekatan preemtif yang humanis ini, Polres Kubu Raya berharap dapat membangun budaya tertib berlalu lintas secara berkelanjutan," tegasnya.

Kategori :