Prakira BMKG Potensi Cuaca Ekstrem Seminggu Kedepan, Sutikno : Dampaknya Mudah Terjadi Genangan

Senin 30-09-2024,10:13 WIB
Reporter : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio memprakirakan mengenai potensi cuaca esktrem cuaca hujan dengan intensitas lebat hampir merata di wilayah Kalimantan Barat dalam sepekan ke depan.

“Prakiraan hujan lebat tersebut terjadi sejak Jum’at kemarin, hingga 4 Oktober 2024 mendatang. Potensi ini masih akan berlanjut setelahnya dengan hujan intensitas lebat,” kata Sutikno selaku Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Supadio dikutip dari RRI.

Sutikno sendiri mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dampak terhadap cuaca ekstrem tersebut. Yang dimana dapat berpotensi terjadinya banjir, puting beliung maupun tanah longsor.

“Seperti yang pernah terjadi di Kabupaten Sanggau dulunya tidak pernah hujan, tapi dalam sehari hujan itu mengakibatkan banjir bandang,” tambahnya.

BACA JUGA:Update Korban dan Analisis BMKG Soal Gempa M 6,4 yang Guncang Bonebolango, Gorontalo

Sutikno juga menjelaskan selama periode sepekan hujan lebat juga akan melanda beberapa kawasan, seperti Kota Pontianak, dan di wilayah pesisir baik Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya arah pesisir maupun Sambas pesisir terjadi periode pasang air maksimum yang dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga menjelang petang.

“Dampaknya akan mudah sekali terjadi genangan terutama di Kota Pontianak dan sekitarnya serta di wilayah pesisir,” tutupnya.

Kategori :