Menjelang HUT ke-23 Pemkot Singkawang, Disdikbud Gelar Pekan Kebudayaan Daerah

Selasa 17-09-2024,09:21 WIB
Reporter : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Menjelang HUT Pemkot Singkawang yang ke-23, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Daerah Kota Singkawang yang akan digelar pada 2-19 Oktober 2024 mendatang.

Asmadi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan budaya menyangkut 17 paguyuban.

“Pekan kebudayaan daerah 2-19 Oktober dalam rangka upaya melestarikan budaya dan Kota Singkawang menyangkut 17 paguyuban, hal ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke 23 Pemkot Singkawang tahun 2024,” katanya dikutip dari teras.id.

Asmadi juga menjelaskan penyelenggaraan pekan kebudayaan daerah Kota Singkawang juga dihadiri APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dari sembilan kota regional Kalimantan.

BACA JUGA:KPU Kota Singkawang Open Rekrutmen KPPS, Ini Dia Syarat dan Jadwal Lengkapnya!

“Kita di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjalankan tugas dan fungsi merangkai bidang kebudayaan dengan berbagai kegiatan yang titik puncaknya bakat dan kreatifitas anak, dimana satu sekolah satu kearifan lokal, gerakan seniman masuk sekolah, pentas seni dilakukan sekolah kemudian pekan kebudayaan di sekolah,” jelasnya 

Dengan adanya Pekan Kebudayaan Daerah ini, tentunya menjadi ajang unjuk kebolehan bakat kreatifitas siswa dan menjadi ajang penggiat seni di Kota Singkawang.

“Kita juga akan menggelar seminar pelestarian budaya Melayu dan diantaranya Besurong Saprah," katanya.

"Jadi bulan Oktober selain memperingati HUT ke-23 Pemkot Singkawang juga sekaligus bulan pementasan budaya yang ada di Kota Singkawang selain Cap Go Meh yang sudah internasional dan naik dango,” katanya.

BACA JUGA:Sosialisasi Raperda di Kantor Walikota Singkawang, Membahas Rencana Tata Ruang Wilayah RTRW

Besurong Saprah juga akan dimeriahkan dan dihadiri dari sembilan Walikota dan istri dari APEKSI regional Kalimantan di Rumah Melayu.

Menurutnya dengan adanya kegiatan dan pengembangan budaya maka akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Singkawang. 

Adapun rangkaian terakhir kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Kota Singkawang akan dihibur artis ibukota, yaitu Nidji yang akan memotivasi anak-anak untuk menjadi band profesional.

“Mohon dukungan semua pihak sebagai salah satu upaya pelestarian kemajuan budaya daerah yang menjadi sektor di dunia pendidikan," tutupnya.

Kategori :