Focus Group Discussion Dalam Rangka Pencegahan Politik Identitas pada Pilkada Sanggau Tahun 2024

Selasa 20-08-2024,12:48 WIB
Reporter : Rifaldi
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Sanggau - Dalam rangka mendukung dan mensukseskan  Pemilihan umum kepala Daerah November 2024 mendatang, Pengeran Ratu Surya Negara Sanggau Drs. H. Gusti Arman, M. Si. Dengan melibatkan sejumlah elemen dan tokoh masyarakat menggelar Fokus Group Discussion atau FGD pada Selasa 20 Agustus 2204 berlokasi di GPU Balao Betomu, Jalan Jenderal Sudirman Keluruhan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Mengakat tema Pencegahan Politik identitas  dan isu Sara pada pilkada tahun 2024.

Fokus Group Discussion ini diharapkan mampu menjadi wadah bertukar informasi dan edukasi, terkait politik dan pemilu yang damai.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh assisten III Bidang administrasi Umum Kabupaten Sanggau H. Burhanudin S.H., M.H. selain membuka Ia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau yang sudah menginisiasi kegiatan tersebut, sebagai upaya mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama- sama menjaga pemilu di Kabupaten Sanggau berjalan aman dan damai.

Sehingga seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh ormas dan penyelenggara pemilu serta TNI POLRI bisa bersama sama bahu membahu bertukar informasi untuk mencegah terjadinya gesekan dan isu sosial dimasyarakat, sehingga dapat dicegah sejak dini dan pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami selaku pemerintah daerah kabupaten Sanggau mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau yang sudah menginisiasi FGD ini sehingga pemilu yang sebentar lagi kita akan laksanakan dapat berjalan dengan aman dan lancar serta damai,"ungkap Burhanudin.

Dalam kegiatan tersebut sejumlah peserta yang hadir kurang lebih 70 orang juga menggelar pernyataan sikap dan komitmen bersama pemilu damai dengan sejumlah point :

a. Menjaga dan mengawal proses demokrasi, sesuai dengan tahapan Pilkada;

b. Siap berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kab. Sanggau;

c. Menghargai perbedaan pilihan dan menjunjung tinggi Kebhinekaan;

d. Menjaga kerukunan umat dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945."

Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut yakni Sdr. Antonius, S.Sos., (Kaban Kesbangpol Kab. Sanggau) dengan materi "Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menjelang Pilkada 2024" dan AKBP Suparno Agus Candra Kusuma, S.H., S.I.K., (Kapolres Sanggau) dengan materi "Upaya Pencegahan Politik Identitas Menjelang Pilkada 2024" serta Sdr. Saparuddin, S. Pd. I., (Komisioner Bawaslu Kab. Sanggau) dengan materi "Strategi Pengawasan Politik Identitas dan Isu SARA pada Pilkada 2024".

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sejumlah plakat kepada para narasumber dan foto bersama, seluruh peserta yang hadir diharapkan nantinya dapat menyampaikan pesan pemilu damai hingga ke tingkat bawah, sehingga informasi yang diterima masyarakat lebih akurat dan baik, agar pemilu juga berjalan dengan baik, berbeda pilihan bukan berarti menjadi jarak dan pembeda ditengah masyarakat.

Masyarakat juga diajak untuk ikut berpartisipasi dalam pemilukada mendatang dengan damai dan penuh suka cita.

Kategori :