Segini Bonus yang Diterima Atlet Indonesia Raih Medali di Olimpiade Paris 2024

Sabtu 10-08-2024,15:11 WIB
Reporter : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Seperti yang diketahui Indonesia menambah perolehan medali emas di Olimpiade Paris 2024 berkat kemenangan Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah. Rizki menjadi yang terbaik di cabang angkat besi nomor 73 kg. Veddriq Leonardo pada cabang olahraga panjat tebing di nomor speed. Perunggu didapat Gregoria Mariska Tunjung dari bulutangkis.

Berkat keberhasilan mereka dalam meraih medali emas, kedua atlet tersebut tentunya dipastikan akan menerima bonus dari pemerintah. Meski pemerintah sendiri belum secara resmi mengumumkan besaran bonus yang diberikan, namun masing-masing atlet diperkirakan bisa mendapat miliar rupiah.

Jika dilihat dari bonus yang diberikan untuk peraih medali emas pada gelaran Olimpiade periode sebelumnya di Tokyo. Dalam catatan sebelumnya pemerintah menyiapkan dana sampai miliaran rupiah untuk setiap peraih medali.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Veddriq Leonardo di Mata Orang Tuanya

Dalam hal ini besaran bonus peraih medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020 sebesar Rp 5 miliar. Sedangkan untuk mereka yang mendapat perak Rp 2 miliar, dan perunggu Rp 1 miliar. Kepastian pemberian bonus ini sudah disampaikan oleh Dito Ariotedjo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

"Hadiah (bonus) ya saya pastikan untuk atlet di Olimpiade, Bapak Presiden dan pemerintah memberikan bonus berupa uang tunai, jadi itu sudah sebuah kepastian," kata Dito pada akhir Juni lalu dikutip dari detik.com.

Dito sendiri masih belum bisa mengungkapkan secara detail terkait besaran bonus yang diberikan pemerintah. Namun, dia meyakini angkanya berpeluang naik seperti yang terjadi di multievent-multievent sebelumnya, seperti SEA Games dan Asian Games 2023.

BACA JUGA:Sukses Bawa Emas Buat Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Berikut Profil dan Prestasi Veddriq Leonardo

Perlu diketahui, jumlah bonus untuk peraih medali emas perorangan di SEA Games 2023 naik dari sebelumnya Rp 500 juta menjadi Rp 525 juta. Hal yang sama terjadi pada para peraih medali di Asian Games 2023 dan Asian Para Games 2023 di mana besaran bonus kemenangan mereka juga naik 5% dari nominal apresiasi yang diberikan pada periode sebelumnya.

Selain itu Dito Ariotedjo juga mengatakan pemerintah akan memberikan keuntungan lain bagi para atlet peraih medali seperti Gregoria berbagai keuntungan, baik secara materi maupun non materi.

"Sisanya pasti nanti kita berikan banyaknya program, baik itu materi maupun non materi. Kami juga menguatkan bagaimana atlet-atlet yang sudah lolos Olimpiade bisa dijaga prestasinya dan yang paling penting kesejahteraannya," tambahnya.

BACA JUGA:Gregoria Mariska Tunjung Sumbang Perunggu, Jadi Atlet Indonesia Pertama Meraih Medali di Olimpiade Paris 2024

Artinya dapat dipastikan atlet angkat besi Rizki Juniansyah dan atlet panjat tebing Veddriq Leonardo akan mendapat bonus perolehan medali emas minimal Rp 5 miliar. Sedangkan untuk peraih medali perunggu, Gregoria Mariska Tunjung, akan mendapat minimal Rp 1 miliar.

Kategori :