Karhutla di Desa Punggur Kecil Kubu Raya, 15 Hektar Hangus

Minggu 21-07-2024,00:32 WIB
Reporter : Argha Afif
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, KUBU RAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya bersama tim gabungan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melakukan pemadaman di lokasi Jalan Parit Delima, Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, pada hari Jumat, 19/07/2024.

Upaya pemadaman dilakukan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah tersebut. Kebakaran tersebut telah menghanguskan lahan seluas 15 hektar.

Tim gabungan yang terlibat dalam pemadaman terdiri dari BPBD Kubu Raya, TNI, Polri, Manggala Agni, dan masyarakat setempat. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan pompa air portabel, mobil pemadam kebakaran, dan alat pemadam api ringan (APAR).

BACA JUGA:10 Muharram, Baznas Bersama Kemenag Melawi Gelar Lebaran Anak Yatim

Proses pemadaman berlangsung selama beberapa jam dan api berhasil dipadamkan. Petugas masih melakukan pendinginan di lokasi kejadian untuk mencegah api kembali berkobar.

Kebakaran hutan dan lahan di Desa Punggur Kecil diduga disebabkan oleh pembakaran lahan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. BPBD Kubu Raya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan karena dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kerugian materi.

"Tidak diketahui apa penyebabnya. Cuma mohon kepada masyarakat, kami menghimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan." Ujar salah satu masyarakat yang ikut memadamkan api.

Kategori :