Pemancing Tewas Tersengat Listrik Saat Mancing di Kubu Raya

Kamis 11-07-2024,02:27 WIB
Reporter : Argha Afif
Editor : Argha Afif

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, Kubu Raya - Seorang pria berinisial OG (47 tahun) meninggal dunia setelah joran pancingnya menyentuh kabel listrik PLN bertegangan tinggi. Insiden nahas itu terjadi pada Selasa (9/7/2024) sekitar pukul 09.30 WIB di Sungai Dusun Parit Timur, Rt.01, Rw.01, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Teluk Pakedai, Kubu Raya.

Menurut Kapolsek Teluk Pakedai, AKP Sumarno melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade, korban merupakan warga Desa Rasau Jaya III, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

Saat memancing, korban tidak menyadari adanya kabel listrik PLN di atas sungai. Joran pancingnya kemudian menyentuh kabel listrik tersebut, sehingga korban tersengat listrik dan meninggal dunia di tempat kejadian.

”Korban OG diduga meninggal dunia setelah joran pancingnya mengenai kabel listrik milik PLN di Sungai Dusun Parit Timur,” ungkap Ade dalam keterangannya pada Rabu 10 Juli 2024.

Aiptu Ade memaparkan, awalnya OG bersama dua rekannya berinisial WN dan IM berangkat memancing dari Pelabuhan Rasau Jaya menuju Desa Tanjung Bunga pada jam 05.30 WIB.

"Mereka tiba di lokasi sekitar jam 09.30 WIB. Saat OG hendak memanjangkan jorannya, tanpa sengaja joran menyentuh kabel listrik tegangan tinggi milik PLN," terangnya.

OG tidak sadarkan diri. Kedua rekan yang melihat kejadian itu lantas segera membawa OG ke rumah warga setempat untuk meminta bantuan.

"Karena jarak antara lokasi pemancingan dan puskesmas cukup jauh, korban meninggal dunia," katanya.

Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi para pemancing untuk selalu berhati-hati saat memancing di lokasi yang dekat dengan kabel listrik. Berikut beberapa tips aman memancing di dekat kabel listrik:

  • Perhatikan sekitar. Sebelum memancing, perhatikanlah sekitar untuk melihat apakah ada kabel listrik yang melintas di atas sungai.
  • Hindari memancing di bawah kabel listrik. Jika Anda melihat kabel listrik di atas sungai, hindarilah memancing di bawahnya.
  • Gunakan joran pancing yang terbuat dari bahan non-konduktif. Joran pancing yang terbuat dari bahan non-konduktif, seperti serat karbon, akan lebih aman digunakan di dekat kabel listrik.
  • Berhati-hatilah saat mengangkat ikan. Saat mengangkat ikan, berhati-hatilah agar joran pancing Anda tidak menyentuh kabel listrik.
  • Jika terjadi kecelakaan, hubungi petugas dengan segera. Jika Anda melihat seseorang tersengat listrik, hubungi petugas dengan segera.

Kematian OG menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas di dekat kabel listrik.

Kategori :