Puluhan Ribu Data Milik Universitas Tanjungpura Pontianak Diduga Diretas Hacker

Selasa 09-07-2024,14:18 WIB
Reporter : Argha Afif
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Puluhan ribu data milik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak diduga telah diretas oleh hacker. Informasi ini pertama kali disampaikan oleh akun Falcon Feed di media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

Akun Falcon Feed (@FalconFeeds.io) yang dikenal rutin memantau aktivitas siber, termasuk dari situs gelap (dark web), mengumumkan adanya peretasan tersebut di lini masa media sosialnya. Falcon Feed menjelaskan bahwa informasi mengenai peretasan ini diunggah oleh pelaku di BreachForums, sebuah forum yang sering digunakan oleh para hacker untuk berbagi informasi dan data hasil peretasan.

Bahkan mereka mengklaim telah menguasai sebanyak 52.000 data milik Untan. Postingan yang dibagikan pukul 21.37 wib pada senin (8/7/2024) tersebut telah memiliki lebih dari 9 ribu kali tayang.

"Tanjungpura University Data Breach", tulis @falconfeeds.io di akun X atau twitter dikutip pada selasa 9 juli 2024.

BACA JUGA:Dorong Startup Indonesia Adopsi AI, Telkom dan Kitiran Foundation Gelar Workshop di Yogyakarta

Peretasan ini mengejutkan banyak pihak, terutama civitas akademika Untan. Data yang diduga diretas meliputi informasi pribadi mahasiswa, staf, dan data akademik lainnya.

Detail lebih lanjut mengenai jenis data yang diretas dan jumlah pastinya belum dikonfirmasi oleh pihak Untan. Namun, berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, data yang bocor mencakup nama, alamat, nomor identitas, hingga data akademik seperti nilai dan riwayat pendidikan.

Hingga berita ini ditulis, pihak Untan belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden ini.

Kategori :