2 Alasan Anthony Taylor Tidak Memberikan Jerman Penalti dalam Perempat Final Euro 2024

Sabtu 06-07-2024,11:04 WIB
Reporter : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Timnas Jerman mengalami kekalahan setelah berhadapan dengan Timnas Spanyol di babak perempat final Euro 2024. Dalam laga panas tersebut, ada satu kontroversi yang terjadi dalam laga itu.

Laga tersebut digelar di Stuttgart Arena, pertandingan berlangsung sengit. Timnas Spanyol berhasil unggul lebih dahulu lewat gol Dani Olmo.

Namun beberapa menit sebelum babak kedua selesai, Florian Wirtz berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Di babak tambahan waktu, Jerman sebenarnya lebih dominan dibandingkan Spanyol. Namun ketika laga hampir dilanjutkan ke babak adu penalti, Mikel Merino berhasil mencetak gol kemenangan Spanyol, sehingga Spanyol unggul 2-1 di laga ini dan akhirnya menang.

BACA JUGA:Toni Kroos dan Akhir Karier Internasionalnya

Namun ada satu momen kontroversial terjadi di babak tambahan waktu ini. Karena Anthony Taylor tidak memberikan penalti penalti Jerman.

Ada dua alasan yang membuat Anthony Taylor tidak memberikan penalti kepada Timnas Jerman di momen itu.

Yang pertama, karena Cucurella tidak mencoba melebarkan tubuhnya saat insiden handsball tersebut. Menurut aturan IFAB, sebuah kejadian dianggap handsball ketika seorang pemain membuat tubuhnya menjadi lebih besar/lebar dengan tangannya.

Namun pada kasus Cucurella, sang bek bukannya menggunakan tangannya untuk melebarkan tubuh, tapi dia mencoba menarik tangannya agar tidak terkena handsball. Alhasil dia tidak dianggap handsball oleh wasit.

BACA JUGA:Gara-gara Selebrasi Kontroversinya, Merih Demiral Absen 2 Pertandingan di Euro 2024

Alasan kedua mengapa insiden ini tidak diberikan penalti oleh Anthony Taylor karena sudah terjadi offside dalam proses tersebut.

Sebelum melepaskan tendangan, Musiala menerima bola hasil duel udara Fullkrug dengan para bek Spanyol. Dalam tayangan ulang, terlihat Fullkrug sudah offside terlebih dahulu sebelum menyundul bola.

Jadi karena sudah offside sebelum tembakan Musiala, maka bola sudah dinyatakan mati dan seharusnya jadi tendangan bebas Spanyol.

Kategori :