ROI (Return on Investment): Cara Hitung dan Strategi Mendongkrak Laba Bisnis

Kamis 06-02-2025,19:06 WIB
Reporter : Vritimes.com
Editor : Vritimes.com

Gunakan alat analitik seperti Facebook Audience Insights atau Google Analytics untuk memahami demografi, minat, perilaku calon pelanggan, hingga data-data lainnya yang ingin Anda ketahui.

2. Optimalkan Biaya Operasional

ROI bukan hanya tentang pendapatan, tetapi juga efisiensi dalam mengatur pengeluaran.

Misalnya, jika Anda bisa mengurangi biaya produksi atau distribusi tanpa mengorbankan kualitas, otomatis keuntungan bersih akan meningkat.

Beberapa cara yang bisa dicoba:

✅ Menggunakan teknologi otomatisasi (contoh: CRM, software akuntansi)

✅ Menekan biaya pengiriman dengan mencari supplier yang lebih efisien

✅ Memanfaatkan platform pemasaran digital untuk mengurangi biaya iklan offline

Semakin efisien operasional sebuah bisnis, maka semakin tinggi ROI yang bisa didapat!

3. Manfaatkan Strategi Retargeting

Retargeting adalah strategi pemasaran yang menargetkan ulang calon pelanggan yang sebelumnya sudah berinteraksi dengan penawaran Anda.

Menurut data, iklan retargeting memiliki kemungkinan 70% lebih tinggi untuk diklik dibandingkan iklan biasa.

Misalnya, seseorang mengunjungi toko marketplace Anda, melihat produk, tetapi belum melakukan pembelian.

Dengan retargeting, Anda bisa menampilkan iklan yang mengingatkan mereka untuk kembali dan menyelesaikan transaksi.

4. Tingkatkan Konversi dengan Landing Page yang Efektif

Jika Anda menjalankan kampanye digital marketing, landing page yang berfungsi baik & berkualitas profesional bisa memberikan perbedaan besar dalam tingkat konversi.

Landing page yang efektif harus:

✅ Memiliki desain yang clean dan profesional

✅ Menyertakan CTA (Call-to-Action) yang jelas

Kategori :