Rentcar MaC
Mau iklan?

KPU Kota Singkawang Akan Gelar Debat Pilwako di Jakarta, Bagaimana Tanggapan 3 Tim Paslon?

KPU Kota Singkawang Akan Gelar Debat Pilwako di Jakarta, Bagaimana Tanggapan 3 Tim Paslon?

Anggota KPU Kota Singkawang bersama perwakilan 3 paslon walikota dan wakil walikota Singkawang saat gelar Kampanye Rapat Umum-kpu_singkawang-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar rapat koordinasi mengenai pembahasan Debat Publik Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota, pada Kamis 17 Oktober 2024 di Aula KPU Singkawang.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Singkawang, perwakilan Polres Singkawang, Kodim 1203/Skw, Bawaslu Singkawang, serta tim dari masing-masing paslon.

Dalam rapat tersebut salah satu poin penting yang dibahas adalah lokasi pelaksanaan debat. KPU Singkawang sendiri berencana untuk mengadakan debat di sebuah stasiun televisi swasta di Jakarta pada 14 November 2024. Alasan tersebut dilakukan dengan alasan faktor keamanan.

Ayu Gintari selaku anggota KPU Singkawang yang memimpin rapat, menyampaikan bahwa mereka masih mempertimbangkan usulan dari tim pasangan calon.

BACA JUGA:KPU Kota Singkawang Rilis Data Pindah Memilih, Berikut Syarat dan Ketentuannya!

“Hasil rakor menunjukkan bahwa semua tim pasangan calon lebih memilih lokasi debat di Kota Singkawang,” kata Ayu dikutip dari Pontianak Post.

Sebelumnya KPU Singkawang memang meminta masukan dari masing-masing tim paslon yang hadir. Iskandar selaku perwakilan Tim Kampanye Paslon 1 menegaskan bahwa ketersediaaan mereka untuk mengikuti keputusan KPU. 

“Kami akan menghormati apa yang ditetapkan oleh KPU,” ungkapnya.

Disisi lain, Yuen selaku Tim Kampanye Paslon 2 menegaskan bahwa debat harus dilaksanakan di Kota Singkawang. 

BACA JUGA:KPU Kota Pontianak Ajak Masyarakat Sumbang Isu Strategis untuk Debat Publik Pilkada 2024

“Biaya Pilkada berasal dari APBD Singkawang, jadi sudah sepantasnya debat dilakukan di sini. Dasar aturan pun menyebutkan bahwa lokasi debat harus di kota atau kabupaten bersangkutan. Jika KPU tetap ingin melaksanakan debat di Jakarta, kami akan menarik diri dari keikutsertaan debat publik,” tegasnya. 

M Abdurrahman selaku Tim Paslon 3, juga menyuarakan pendapat yang sama. 

“Pilihan lokasi debat seharusnya di Kota Singkawang, karena ini adalah Pilkada untuk kota kita,” ujarnya.

Alhasil, hasil rapat koordinasi tersebut akan dibahas lebih lanjut lagi oleh anggota KPU Singkawang, dan mereka berencana untuk memanggil kembali tim kampanye masing-masing pasangan calon untuk mendiskusikan keputusan akhir.

Sumber: pontianak post