Rentcar MaC
Mau iklan?

Simak! Prakiraan Cuaca Kabupaten Mempawah Hari Ini 19 September 2024

Simak! Prakiraan Cuaca Kabupaten Mempawah Hari Ini 19 September 2024

Kolase foto Prakiraan Cuaca Kabupaten Mempawah hari ini 19 September 2024, dari pagi hingga malam. -Bmkg Kalbar-Bmkg Kalbar/Instagram-Foto Diedit Pixel Lab

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Badan Meteorologi, Klimmatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Barat memprediksi kondisi cuaca terkhususnya di Kabupaten MEMPAWAH, berawan tebal tetapi ada beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada siang hingga malam hari.

Prakiraan cuaca ini berlaku sejak dipublikasikan hingga ada publikasi berikutnya, selanjutnya pada hari Kamis 19 September 2024 Pukul 07.00 WIB s.d Jumat 20 September 2024 Pukul 07.00 WIB. Debi dari BMKG Kalbar, mengatakan pada tanggal 19 September 2024 kondisi cuaca berawan tebal di Kabupaten Mempawah pada siang hingga malam.

"Berdasarkan Pantauan dari BMKG Kalbar, bahwa Kabupaten Mempawah pada hari ini sampai esok hari, suhu cuaca 23-34 °C, Angin Km/Jam 28, kelembapan 47-98%," ungkap BKMG Kalbar.

BACA JUGA: Diterpa Angin Kencang, Pohon Tumbang di Jalan Raya Jongkat Mempawah

Lebih jauh, BMKG juga memberikan informasi di Instagramnya bahwa lokasi berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau guntur dan angin kencan berdurasi singkat statusnya Nihil atau masih terpantau aman.

Potensi kemudahan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Mempawah tanggal termasuk aman.

Kemudian BMKG, mengimbau warga waspada dengan potensi hujan dan angin kencang terkhususnya kabupaten Mempawah.

"Waspada potensi hujan dan angin kencang yang terjadi mampu meningkatkan potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalbar terkhususnya kabupaten Mempawah," tutupnya.

Berikut ini tips menghadapi cuaca berawan dan hujan di Mempawah:

  1. Periksa Ramalan Cuaca Secara Berkala
    Pastikan untuk selalu memantau ramalan cuaca dari BMKG melalui aplikasi atau media sosial mereka. Ini penting agar Anda dapat bersiap menghadapi perubahan cuaca yang mendadak.

  2. Siapkan Perlengkapan Hujan
    Selalu bawa payung atau jas hujan saat bepergian, terutama jika Anda harus beraktivitas di luar rumah. Cuaca berawan sering kali diikuti dengan hujan tiba-tiba.

  3. Amankan Barang di Luar Rumah
    Jika Anda memiliki barang atau tanaman di luar rumah, pastikan semuanya aman dari potensi angin kencang. Hindari menempatkan benda berat atau mudah terbang di tempat terbuka.

  4. Hindari Aktivitas Luar Ruangan Saat Cuaca Ekstrem
    Jika ada peringatan akan hujan lebat atau angin kencang, hindari beraktivitas di luar ruangan untuk mengurangi risiko terkena angin atau pohon tumbang.

  5. Waspada Terhadap Pohon Tumbang
    Saat angin kencang, hindari berjalan atau parkir kendaraan di dekat pohon yang besar atau tua. Peristiwa pohon tumbang bisa terjadi akibat hembusan angin yang kuat.

  6. Jaga Kesehatan Tubuh
    Suhu yang bervariasi antara 23-34°C bisa membuat tubuh rentan terhadap flu dan penyakit lainnya. Pastikan Anda tetap terhidrasi dan mengenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca.

  7. Sumber: bmkg kalbar