Rentcar MaC
Mau iklan?

Beri Dukungan Sejarah Kota Pontianak, Pokdarwis Berharap Kapasitas Pemandu Wisata Meningkat

 Beri Dukungan Sejarah Kota Pontianak, Pokdarwis Berharap Kapasitas Pemandu Wisata Meningkat

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mekar bekerja sama dengan DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalbar menyelenggarakan kegiatan peningkatan pengetahuan sejarah dan budaya Kota Pontianak bagi para pemandu wisata. 8 September 2024-Pontianak News-Web

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mekar yang bekerja sama dengan DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalbar menyelenggarakan kegiatan yang berfungsi agar terjadi peningkatan pada pengetahuan sejarah dan budaya yang ada di Kota Pontianak bagi para pemandu wisata, Minggu 8 September 2024.

Kegiatan ini juga difasilitasi oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XII Kalbar melalui program bantuan pemerintah dalam mendukung kemajuan pada kebudayaan tahun 2024, dan kemudian dipusatkan tadi di Kapal Wisata Tepian Senghei, Pontianak.

 

Kasubag Umum BPK Provinsi Kalbar, Mohamad Andri, menegaskan betapa pentingnya kegiatan ini agar para pemandu wisata bisa menambah wawasan dan senang menggali tentang sejarah Kota Pontianak sehingga mampu memberikan edukasi yang berkualitas kepada wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan setiap sudut kota. 

 

"Ada empat aspek utama yang perlu diperhatikan dalam pelestarian budaya, yaitu dalam segi perlindungan, pengembangan, pelestarian, dan pembinaan. Sehingga diperlukannya kerja sama dari semua pihak teruntuk memastikan peningkatan wisata di Kota Pontianak," jelasnya.

 

BACA JUGA:Menyambut Bulan Maulid, Masyarakat Ambangah Ziarah ke Makam Batu Layang

 

Pegiat literasi dan penulis, Ahmad Sofian, turut serta menyampaikan bahwa Pontianak memiliki keunikan yang berbeda dari daerah lain, baik dari sejarah berdiri maupun perkembangan budayanya. 

 

“Budaya dan kuliner Pontianak masih memiliki banyak potensi yang bisa untuk terus digali dan dikembangkan. Potensi ini dapat dioptimalkan dengan cara terdukungnya literasi sejarah yang saat ini sangat mudah diakses," ujarnya.

 

Ketua Panitia, Budi Hartono, menekankan pentingnya memberi pemahaman sejarah yang lebih mendalam kepada para pemandu wisata, agar mereka bisa memberikan informasi yang akurat kepada wisatawan. Saat ini, HPI Kalbar menyatakan telah memverifikasi 80 anggota pemandu wisata.

 

BACA JUGA:Terkandung Banyak Makna, Ini Dia Beberapa Julukan Kota Pontianak!

 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar, Yuliardi Kamal, juga turut memberikan dukungannya terhadap kegiatan ini. 

 

"Kami berharap dengan meningkatnya kapasitas para pemandu wisata, pariwisata Kalbar akan semakin berkembang," ucapnya.

Sumber: pontianaknews.com