Rentcar MaC
Mau iklan?

Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Waspadai Penyebabnya!

Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Waspadai Penyebabnya!

Ilustrasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, PT Yoona Digital Indonesia (Sumber: VRITIMES.com)--

Selain itu, sakit pinggang sebelah kanan pada wanita juga terjadi karena kecelakaan mendadak, jatuh, serta benturan yang menyebabkan cedera otot ringan hingga parah.

Jika mengalami kekakuan otot, peregangan atau robekan pada ligamen, ataupun kontraksi tiba-tiba pada otot seperti saat berolahraga.

2. Kram saat menstruasi

Sebelum dan saat haid, wanita sering kali mengalami nyeri pada bagian perut, terutama pada bagian bawah kemudian menjalar ke punggung bawah. Ketika produksi hormon prostaglandin meningkat saat haid, perut akan semakin terasa nyeri bahkan hingga ke punggung bawah atau pinggang.

3. Osteoporosis

Penyakit tulang ini meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Umumnya, penderita osteoporosis baru menyadari penyakit ini ketika mereka mendapat fraktur kompresi di tulang belakang.

Tanda sederhana dari osteoporosis adalah kuku yang rapuh, penyusutan tulang yang mengakibatkan tinggi badan berkurang, gusi surut atau merosot hingga akar gigi terlihat, menurunnya kekuatan genggaman tangan, hingga sakit pinggang.

4. Sindrom nyeri myofascial

Sindrom nyeri myofascial adalah sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang menyebabkan nyeri kronis pada jaringan ikat (fasia) yang menutupi otot dan cakram intervertebralis tulang belakang.

Sering disebabkan oleh aktivitas gerakan berulang, nyeri myofascial menyebabkan rasa sakit di dalam otot dan area lain pada tubuh. Gejala umum sindrom nyeri myofascial adalah rasa sakit yang tidak kunjung membaik.

5. Stres

Ternyata stres, gugup, atau cemas dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Ketika stress, tubuh secara alami bersiap merespons dan menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan besar. Kondisi ini menyebabkan otot menjadi kaku dan tegang.

7. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan yang menyerupai lapisan dinding rahim, atau endometrium tumbuh pada bagian tubuh lainnya seperti ovarium, tuba falopi, vagina dan leher rahim. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri kronis pada pinggang sebelah kanan bawah atau panggul

8. Kehamilan

Kehamilan juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan pada wanita. Wanita hamil merasakan nyeri punggung bawah atau di kedua sisi tulang belakang yang dapat dikurangi dengan melakukan peregangan, mandi air hangat, memijat, serta memakai alas kaki yang nyaman.

Faktor risiko lainnya

Meskipun sakit pinggang dapat terjadi pada siapa saja, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan wanita lebih sering mengalami sakit punggung sebelah kanan. Berikut beberapa faktor risiko sakit pinggang sebelah kanan pada wanita:

1. Berat badan berlebih atau obesitas yang memberikan lebih banyak tekanan pada punggung

2. Otot yang lemah di punggung dan perut karena jarang berolahraga

3. Pertambahan usia

4. Postur tubuh yang buruk ketika mengangkat beban berat atau karena gerakan berulang seperti duduk terlalu lama

Sumber: vritimes.com