Rentcar MaC
Mau iklan?

Debut Jay Idzes di Serie A, Jadi Pemain ASEAN Pertama dan Asia ke-38 yang Bermain di Serie A

Debut Jay Idzes di Serie A, Jadi Pemain ASEAN Pertama dan Asia ke-38 yang Bermain di Serie A

Jay Idzes saat membela Venezia di Serie B-jayidzes-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Bek tengah Timnas Indonesia Jay Idzes melakukan debut di Liga Italia berseama Venezia. Idzes sendiri jadi pemain pertama dari ASEAN dan pemain ke-38 dari Asia yang bermain di Serie A.

Jay Idzes langsung turun sebagai starter di laga kontra Fiorentina pada pekan kedua Liga Italia musim 2024/2025, Minggu 25 Agustus 2024 kemarin. Idzes sendiri bermain selama 68 menit lalu digantikan oleh Michael Svoboda.

Dilansir dari berbagai sumber, Jay Idzes jadi pemain Asia ke-38 yang merumput di kompetisi Serie A. Pemain berusia 24 tahun itu pun jadi wakil ASEAN pertama dari Indonesia.

BACA JUGA:Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Babak Ketiga, Bagaimana Nasib Elkan Baggot di Timnas Indonesia?

Negara Asia Terbanyak yang Sumbang Pemain ke Serie A

Jepang sendiri menjadi negara Asia terbanyak yang menyumbang pemainnya ke Serie A dengan total 14 pemain. Diikuti oleh Australia, terbanyak kedua dengan 12 pemain.

Sisanya Iran dengan empat pemain, Korea Selatan dengan satu pemain, dan Uzbekistan dengan satu pemain. Lalu, Irak dan Korea Utara masing-masing satu.

Pemain Asia dengan Caps Terbanyak di Serie A

Adapun pemain asal Asia dengan caps terbanyak di Serie A adalah Mark Bresciano. Mark Bresciano mengemas 250 penampilan dan bermain untuk Parma, Palermo, Lazio dalam rentang 2002-2011.

BACA JUGA:Erick Thohir Beberkan Dana yang Dibutuhkan PSSI Untuk Timnas Indonesia Setiap Tahun

Pemain Tersukses di Serie A

Pemain tersukses bisa dibilang adalah Hidetoshi Nakata. Nakata pernah membela Perugia, AS Roma, Parma, Bologna, dan Fiorentina pada tahun 1998-2005.

Nakata sendiri sukses meraih titel Scudetto bersama AS Roma dan Piala Super Italia bersama AC Parma. Nakata dua kali terpilih sebagai pemain terbaik AFC dan tiga kali masuk nominasi Ballon d'Or.

Sumber: sport.detik.com