Rentcar MaC
Mau iklan?

Permasalahan Kabut Asap, Direktur Walhi Kalbar Minta Pemerintah Siapkan Alat Deteksi Dini

Permasalahan Kabut Asap, Direktur Walhi Kalbar Minta Pemerintah Siapkan Alat Deteksi Dini

Walhi saat melakukan konferensi pers di Walhi Kalbar, Jumat (26/7/2024) pukul 13.30 wib.-Muhammad Zibi Alifiqri-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Direktur Walhi Kalbar, Hendrikus Adam mengungkapkan bahwa ditengah bencana asap dengan level kondisi udara yang tidak sehat, diharapkan ada upaya yang dilakukan pemerintah seperti alat deteksi dini berupa informasi yang mudah diakses oleh warga.

Menurut Adam sejauh ini belum melihat upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memastikan warga mengetahui kondisi udara pada level mana dan belum ada juga himbauan pihak terkait apa yang harus dilakukan warga agar terhindar dari risiko kesehatan akibat polusi asap.

Hendrikus Adam juga menilai dalam kondisi udara tidak sehat, negara melalui aparatur pemerintah harusnya bisa lebih sigap memastikan agar hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat warganya terlindungi.

BACA JUGA:Walhi soal Kabut Asap di Pontianak-KKR, Uli : Pengurus Negara Tidak Juga Menjawab Akar Persoalan Karhutla

“Jadi negara melalui aparatur pemerintah mesti hadir memastikan perlindungan hak dasar warga atas lingkungan yang baik dan sehat. Penegakan hukum atas konsesi yang diduga terlibat dalam kasus Karhutla juga selama ini masih jauh dari harapan,” kata Adam. kata Adam saat hadir dalam konferensi pers di Sekretariat Walhi Kalbar Jalan M. Husni Thamrin P.41 Pontianak, pada Jumat (26/7/2024) pukul 13.30 WIB.

Diketahui kabut asap sendiri sudah menyelimuti Kota Pontianak dalam beberapa hari terakhir, kondisi udara memang tampak berkabut, karena polusi asap akibat Karhutla.

Sumber: