Rentcar MaC
Mau iklan?

Menteri AHY Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik di Pontianak, Pertama Kali Diterapkan di Kalbar

Menteri AHY Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik di Pontianak, Pertama Kali Diterapkan di Kalbar

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono atau yang kerap disapa AHY, menyerahkan lima Sertipikat Tanah Elektronik milik masyarakat di Kantor Pertanahan Kota Pontianak pada hari Sabtu (22/06/2024) pukul 12.01 WIB.

Penyerahan sertipikat tersebut dilakukan di Kota Pontianak, dan ini merupakan pertama kalinya Sertipikat Tanah Elektronik diterapkan di Kalimantan Barat.

Menteri ATR/Kepala BPN berkunjung ke Kantah Kota Pontianak untuk menyerahkan lima sertipikat. Sertipikat yang diserahkan antara lain 2 sertipikat tanah milik masyarakat, 1 sertipikat tanah wakaf, serta 2 Sertipikat Hak Pengelolaan (HPL) kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Polri. 

Sertipikat yang diserahkan juga dalam bentuk Sertipikat Tanah Elektronik. Dalam kunjungan ini, Menteri AHY didampingi oleh Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, Kepala Biro Humas; serta Kepala Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Menteri AHY Sambangi Kantah Pertanahan Kubu Raya, Serahkan 10 Sertipikat Tanah Elektronik Milik Warga

Dia juga menyampaikan Sertipikat Tanah Elektronik ini bisa memberikan keamanan terhadap masyarakat karena seluruh data pertanahan akan disimpan dalam bentuk digital.  Hal ini dilakukan agar mempersulit ruang gerak para mafia tanah karena sertipikat tidak mungkin lagi dipalsukan.

"Kalau sudah semua bersertipikat elektronik apalagi kalau kabupaten/kotanya sudah lengkap artinya semua bidang tanah terpetakan dengan baik. Mudah-mudahan keadilan kepastian hukum atas tanah bagi masyarakat dan juga institusi bisa kita wujudkan," tuturnya.

BACA JUGA:AHY Kunjungi Kantor Pertanahan Kubu Raya Pagi Ini

Tidak hanya menyerahkan sertipikat, tapi Menteri ATR/Kepala BPN juga meninjau setiap ruangan yang ada di Kantor Pertanahan Kota Pontianak. Dia juga menyempatkan diri untuk menyapa seluruh pegawai yang sedang mengerjakan Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN).

Dalam kunjungan ini, Menteri AHY didampingi oleh Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, Kepala Biro Humas; serta Kepala Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Sumber: