Rentcar MaC
Mau iklan?

Head to head Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23, Memperebutkan Tiket Menuju Olimpiade Paris 2024

Head to head Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23, Memperebutkan Tiket Menuju Olimpiade Paris 2024

--

PONTIANAKINFO DISWAY.COM - Setelah kalah dari Iraq dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 pada hari Kamis (2/5) malam dengan skor 1-2, Indonesia akan menghadapi Guinea untuk berebut tiket ke Olimpiade Paris 2024. Lalu bagaimana kekuatan Indonesia dibandingkan Guinea

Guinea dan Indonesia sama-sama sudah lama tidak ambil bagian dalam Turnamen Sepak Bola Olimpiade. Guinea terakhir ambil bagian pada 1968, sedangkan Indonesia terakhir kali pada 1959. Oleh karena itu,  hasil pertandingan Guinea melawan Indonesia akan mencetak sejarah bagi masing² kedua negara tersebut. 

BACA JUGA:Setan Merah Pertahankan Erik Ten Hag, Kabar Baik Buat Fans MU?

Skuad Garuda junior maupun Senior rupanya belum pernah menghadapi Guinea. Ini merupakan kali pertama kedua tim bertemu. 

Sementara, head to head kedua negara tersebut bisa dilihat dari statistik dan perjalanannya hingga berada di titik ini.

Di Piala Afrika U-23, nasib Guinea hampir sama dengan Indonesia di Piala Asia U-23. Baik Guinea maupun Indonesia sama-sama tidak cukup beruntung di laga dalam benua tersebut. 

Selain itu, Guinea juga merupakan debutan di Piala Afrika U-23 2023 lalu, sama dengan Indonesia. Guinea kalah di laga pertama fase grup, kemudian bangkit di laga kedua dan laga ketiga. 

Kemudian, Guinea kalah saat berada di semifinal melawan Mesir dengan skor 0-1. Dan mereka juga kalah dari Mali melalui drama adu penalti dalam duel perebutan juara ketiga Piala Afrika U-23. 

Sementara Indonesia memulai perjalanan Piala Asia U23 melalui babak kualifikasi menyapu bersih saat menghadapi China Taipei (9-0) dan Turkmenistan (0-2) pada bulan September 2023 lalu.

Lolos Piala Asia U23 untuk pertama kalinya, Timnas Indonesia tergabung dengan grup yang dinilai cukup sulit. Yakni masuk dalam grup A bersama Qatar (tuan rumah), Australia, dan Yordania.

Timnas Indonesia memulai perjuangan, meski beberapa kali dijegal keputusan wasit yang merugikan mereka saat menghadapi Qatar.

Di peringkat FIFA, Indonesia memang kalah jauh dari Guinea. Di mana Indonesia berada di peringkat 134, sedangkan Guinea di posisi 76. 

Berbicara kekuatan skuad antara Timnas Indonesia dengan Guinea terbilang cukup jauh perbedaannya. Dimana Indonesia hanya memiliki 6 pemain abroad atau dari klub luar negeri, sedangkan Guinea punya 20 pemain abroad. 

Namun hingga kini Shin Tae-yong masih dilema dalam membawa siapa pemain yang akan dibawa ke Paris. Pasalnya, PSSI harus kembali me-lobby klub agar bisa melepaskan pemain hingga 10 Mei 2024. Di antaranya, trio Liga Belanda seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Nathan Tjoe-A-On, serta gelandang Liga Belgia, Marselino Ferdinan; bek Liga Jepang, Justin Hubner; dan bek Liga Korea Selatan, Pratama Arhan yang kini masih harus bekerja kembali ke klub.

Sumber: disway kalbar